Pernahkah Anda mengambil atau menyalin konten dari sebuah halaman website dan memindahkannya ke dokumen Microsoft Word? Semua hyperlink (link) yang tersalin juga ikut dipindahkan ke dokumen Microsoft Word dan tetap menjadi link aktif. Namun demikian, bagi sebagian orang dan mungkin Anda, tidak menghendaki adanya hyperlink di dokumen Microsoft Word. Anda mungkin lebih menginginkan hyperlink menjadi teks biasa saja dan tidak aktif ketika diklik. Apabila ini yang Anda inginkan, Anda dapat menghapus hyperlink dari dokumen Microsoft Office Word dengan beberapa cara. Berikut ini adalah contoh bagian artikel dari website termasmedia.com yang mempunyai hyperlink dan telah dipindahkan ke dokumen Microsoft Word 2013.

Menghapus hyperlink dari Microsoft Word

1. Menghapus hyperlink menggunakan fitur Keep Text Only (T).

Buka dokumen kosong Microsoft Word, tempatkan kursor di posisi dimana salinan artikel dari website akan letakkan, klik kanan untuk menampilkan daftar perintah pintas dan dibagian Paste Options, pilih tombol Keep Text Only (T) yang berada di posisi paling kanan.

Menghapus hyperlink dari Microsoft Word

Setelah mengklik tombol Keep Text Only (T), Anda dapat melihat hyperlink telah dihapus dan berubah menjadi teks biasa. Namun demikian, Anda mungkin perlu merubah hasilnya untuk menyesuaikan jenis font, ukuran font dan tata letaknya (standarnya adalah Calibri dengan ukuran font 11).

Menghapus hyperlink dari Microsoft Word

2. Menghapus hyperlink satu per satu.

Untuk menghapus hyperlink satu per satu, Anda dapat melakukan dengan mengklik kanan tepat di hyperlink untuk menampilkan daftar perintah pintas dan kemudian pilih Remove Hyperlink.

Menghapus hyperlink dari Microsoft Word

3. Menghapus hyperlink menggunakan kombinasi tombol keyboard.

Untuk menghapus hyperlink menggunakan kombinasi tombol keyboard di Microsoft Windows, tekan tombol keyboard Ctrl+A untuk menyorot keseluruhan isi dokumen Microsoft Word dan selanjutnya tekan tombol Ctrl+Shift+F9 untuk menghapus hyperlink. Menggunakan kombinasi tombol keyboard tidak merubah warna biru teks sebelumnya, namun demikian, teks tersebut telah menjadi teks biasa (bukan hyperlink lagi).