Banner Microsoft Office Word

Mengkonversi Format File Docx Ke Format File Doc

Sejak diluncurkannya versi terbaru paket aplikasi Microsoft Office 2007, Microsoft Office Word 2007 yang termasuk salah satu aplikasi dalam paket tersebut, secara standar telah menggunakan format file baru yaitu docx menggantikan format file doc yang telah lama dipakai. Meskipun sama-sama untuk aplikasi Microsoft Office Word, docx dan doc adalah dua format file yang berbeda. Docx adalah format file XML sedangkan doc adalah format file binari. Docx adalah format file yang digunakan di versi aplikasi Microsoft Office Word 2007 dan sesudahnya, sedangkan doc adalah format file yang digunakan di versi apliaksi Microsoft Office Word 2003 dan sebelumnya.

Banyak kendala yang terjadi saat itu karena tidak semua pengguna paket aplikasi Microsof Office 2003 langsung beralih ke paket aplikasi Microsoft Office 2007. Salah satu kendala yang ada di format file terbaru (docx) adalah terkait dengan kompatibilitas. Pengguna aplikasi Microsoft Office Word 2003 tidak dapat membuka dokumen yang mereka terima dalam format file docx secara sempurna. Salah satu konklusi yang dapat dilakukan adalah Anda perlu mengkonversi format file docx ke format file doc:

1. Mengkonversi secara online melalui situs layanan konversi.

Apabila Anda mempunyai koneksi ke internet, Anda dapat mengkonversi format file docx ke format file doc secara online. Beberapa situs yang menyediakan layanan konversi file secara online misalnya Zamzar (zamzar.com) dan Free File Converter (freefileconventer.com). Berikut ini adalah langkah-langkah mengkonversi format file docx ke format file doc menggunakan layanan dari zamzar.com:

Jalankan browser dan ketikkan url www.zamzar.com di address bar untuk membuka halaman home page website zamzar. Di langkah pertama (Step 1), pilih file docx yang ingin dikonversi ke doc. File yang dipilih untuk dikonversi akan ditampilkan di bagian bawah Files to convert.

Di langkah kedua (Step 2), pilih format file hasil konversi (dalam contoh ini, format file hasil konversi adalah doc).

Di langkah ketiga (Step 3), masukkan alamat email Anda untuk menerima link yang nantinya dapat digunakan untuk mengunduh (download) file hasil konversi. Di langkah ke empat (Step 4), klik tombol Convert untuk mulai mengkonversi. Tunggu sampai Zamzar selesai melakukan proses konversi (lama proses tergantung besarnya file Anda).

Apabila proses konversi telah selesai, jalankan program aplikasi email Anda dan buka email dari Zamzar. Klik tautan (link) untuk mengunduh file hasil konversi.

Halaman web dari tautan yang Anda klik terbuka. Di sini, Anda dapat melihat tombol Download Now yang dapat diklik untuk mulai mengunduh hasil konversi.

2. Mengkonversi menggunakan versi Microsoft Office Word 2007 ke atas.

Dokumen dengan format file docx hanya dapat dibuka dengan menggunakan versi Microsoft Office 2007 ke atas. Anda dapat meminta teman atau orang lain yang telah menggunakan versi Microsoft Office Word 2007 ke atas untuk membuka format file docx dan kemudian menyimpan ulang dengan format file doc.

Buka terlebih dahulu dokumen dengan format file docx menggunakan versi Microsoft Office Word 2007 ke atas (dalam contoh ini menggunakan aplikasi Microsoft Office Word 2013).

Klik menu FILE, kemudian pilih Save As > Computer > Browse.

Dari kotak dialog Save As yang muncul, tentukan direktori tempat file disimpan. Di kota drop-down berlabel Save as type, pilih Word 97-2003 Document dan kemudian klik tombol Save untuk mulai menyimpan dengan format file doc.

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.