Banner Microsoft Office Word

Mengekstrak Semua Gambar Dari File Microsoft Word Berekstensi Docx

Pernahkah Anda membuat atau mendapatkan file Microsoft Word dengan banyak gambar pendukung di dalamnya? Gambar yang disertakan akan menjadi bagian dari file tersebut. Ada kalanya, Anda akan berada pada situasi dimana membutuhkan gambar tersebut untuk digunakan ulang. Mengambil kembali beberapa gambar dari file Microsoft Word bukan hal yang sulit dengan menggunakan perintah salin dan tempel (copy and paste). Namun demikian, gambar yang diambil menggunakan perintah tersebut dapat berakibat pada kualitasnya yang menurun.

Bagaimana kalau Anda dihadapkan pada sebuah dokumen Microsoft Word panjang yang didalamnya terdapat banyak gambar pendukung yang disertakan, misalnya naskah sebuah buku, dan Anda berkeinginan untuk mengambil semua gambar yang ada? Mengambil gambar satu persatu menggunakan perintah salin dan tempel akan sangat membosankan dan membutuhkan waktu yang lama, selain juga tidak diperolehnya kualitas file gambar asli. Semua kesulitan tersebut dapat diatasi apabila file Microsoft Word tersebut berekstensi .docx (ekstensi standar untuk versi Microsoft Word 2007 ke atas).

File Microsoft Word berekstensi .docx sebenarnya adalah juga file zip (baca artikel Mengenal Lebih Jauh Format File Doc Dan Docx Di Microsoft Office Word). Apabila Anda masih menggunakan versi Microsoft Word 2003 atau sebelumnya yang menghasilkan file dengan ekstensi .doc, konversi terlebih dahulu dari ekstensi .doc ke ekstensi .docx dengan membukanya di versi Microsoft Office 2007 ke atas dan kemudian menyimpannya kembali sebagai file berekstensi .docx. Berikut ini adalah langkah-langkah mengekstrak semua gambar dari file Microsoft Word berekstensi .docx:

Jalankan File Explorer dan arahkan ke file microsoft word berekstensi .docx yang gambarnya akan diekstrak (dalam contoh ini adalan naskah buku Bahasa Pemrograman Java.docx).

Rubah terlebih dahulu ekstensi file tersebut dari .docx menjadi .zip (baca artikel Cara Merubah Ekstensi File (File Extension) Di Microsoft Windows).

Perubahan ekstensi akan memunculkan kotak dialog Rename. Klik tombol Yes untuk mengkonfirmasi perubahan.

Klik ganda file Microsoft Word yang ekstensinya telah dirubah ke .zip (Bahasa Pemrograman Java.zip) untuk menampilkan folder dan file yang ada di dalamnya dan salah satunya adalah folder "word". Klik ganda folder "word".

Hasil klik ganda folder "word" akan menampilkan folder dan file lainnya dan salah satunya adalah folder "media".

Klik ganda folder "media" untuk mendapatkan semua file gambar yang digunakan di file Microsoft Word.

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.