Pernahkah Anda mengalaminya ketika menjalankan Microsoft Word terjadi crash atau berjalan dengan sangat lambat? Banyak faktor yang bisa menyebabkan ini terjadi seperti adanya file yang korup, registry yang korup, masalah pada template atau juga ekstensi (add-in) yang tidak stabil. Mendapati masalah seperti ini pastinya sangat mengganggu, terlebih lagi apabila Anda sedang terburu-buru. Namun Anda tidak perlu panik dan tetap pada kondisi yang tenang. Mungkin, dengan menjalankan Microsoft Word dalam mode aman (safe mode), akan dapat memecahkan dan memperbaiki masalah yang sedang terjadi.

Sebagian besar pengguna software Microsoft pastinya sudah akrap dengan istilah "save mode" yang terkait dengan sistem operasi Microsoft Windows dan jarang mendengarnya untuk aplikasi-aplikasi Microsoft Office. Sebenarnya, Microsoft juga telah menyematkan fitur ini ke dalam Microsoft Office sejak Microsoft Office 2003. Menjalankan Microsoft Word dalam mode aman akan memberikan kemungkinan opsi paling aman yang tersedia sehingga Microsoft Word dapat berjalan tanpa halangan. Berikut ini adalah langkah-langkah menjalankan Microsoft Word 2013 dalam mode aman di sistem operasi Micrsosft Windows 8.1 Enterprise:

1. Menggunakan tombol pintas.

Tekan dan tahan tombol keyboard Ctrl dan kemudian jalankan aplikasi Microsoft Word dari Start Screen. Apabila dengan penekanan tombol keyboad Ctrl Microsoft Word tidak mau berjalan, letakkan (pin) terlebih dahulu aplikasi Microsoft Word di taskbar dan kemudian ulangi lagi. Apabila berjalan lancar, akan muncul kotak dialog Microsoft Word dan kemudian klik tombol Yes untuk mulai menjalankan Microsoft Word dalam mode safe.

Menjalankan Microsoft Word dalam mode aman (safe mode)

2. Menggunakan kotak perintah Run.

Tekan tombol keyboard WINDOWS + R untuk menjalankan kotak perintah Run (Run command box), ketikkan "winword /safe" di kotak teks berlabel Open dan kemudian klik OK atau tekan tombol keyboard Enter untuk mulai menjalankan Microsoft Word dalam safe mode.

Menjalankan Microsoft Word dalam mode aman (safe mode)

Kedua cara di atas akan menjalankan Microsoft Word dalam safe mode (lihat label judul paling atas dengan tulisan Safe Mode.

Menjalankan Microsoft Word dalam mode aman (safe mode)

Microsoft Word yang berjalan dalam mode aman akan memiliki batasan-batasan sebagai berikut:

  • Tidak dapat menyimpan template.
  • Office Assistant tidak secara otomatis ditampilkan.
  • Kustomasi toolbar dan command bar tidak dapat dimuat dan kustomasi yang dilakukan tidak dapat disimpan.
  • Daftar AutoCorrect tidak dapat dimuat dan perubahan tidak dapat disimpan.
  • Dokumen pemulihan (recovered documents) tidak secara otomatis dibuka.
  • Smart tags tidak dapat dimuat (load) dan tag baru tidak dapat disimpan.
  • Preferensi tidak dapat disimpan.
  • Semua opsi baris perintah diabaikan kecuali /a dan /n.
  • Fitur dan program tambahan tidak secara otomatis dimuat.
  • Di Microsoft Word 2013, dokumen dengan izin terbatas tidak dapat dibuat atau dibuka.