Banner Microsoft Office Word

Menggunakan Fitur Screenshot Di Microsoft Word

Pernahkah Anda berkeinginan untuk bisa mengambil gambar yang ditampilkan di layar komputer? Aplikasi Microsoft Word dan beberapa aplikasi lain di Microsoft Office memiliki fitur built-in Screenshot yang dapat digunakan untuk mengambil bagian gambar yang diinginkan. Fitur ini bekerja hampir sama dengan Snipping Tool yanga ada pada Windows dengan perbedaan hanya pada cara menyimpannya. Snipping Tool akan menyimpan hasil pengambilan bagian gambar sebagai file gambar (berekstensi .png), sedangkan Microsoft Word dan beberapa aplikasi lain di Microsoft Office akan menjadikan hasil pengambilan bagian gambar sebagai bagian dari file aplikasi itu sendiri.

Screenshot atau screen capture dapat didefinisikan sebagai gambar di layar komputer yang dapat disimpan sebagai file grafis. Keuntungan dengan adanya fitur built-in screenshot di Microsoft Word dan beberapa aplikasi lain di Microsoft Office adalah Anda tidak harus screenshot dari pihak ketiga (third-party) dan pengambilan bagian gambar dapat dilakukan dengan cepat dan mudah tanpa harus meninggalkan aplikasi yang digunakan. Berikut ini adalah langkah-langkah menggunakan fitur built-in screenshot di Microsoft Word 2013:

Buka atau jalankan terlebih dahulu aplikasi atau program atau apapun yang bagian gambarnya akan diambil (dalam contoh ini adalah membuka halaman home page termasmedia.com menggunakan browser Google Chrome). Jalankan aplikasi Microsoft Word dan pastikan Anda berada di tab INSERT. Di kelompok Illustrations, klik tombol Screenshot dan kemudian klik Screen Clipping. Pointer mouse akan berubah menjadi tanda plus hitam.

Jendela aplikasi Microsoft Windows akan berubah menjadi ikon aktif di taskbar dan home page termasmedia.com yang terbuka sebelumnya akan kelihatan samar. Gunakan pointer mouse untuk mengambil bagian gambar yang diinginkan dengan teknik click and drag dan kemudian lepaskan untuk mengakhiri.

Bagian gambar yang telah diambil akan langsung masuk dan diletakkan di area pengetikan aplikasi Microsoft Word dimana kursor berada.

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.