Pin It

Aplikasi Microsoft Word mempunyai kemampuan untuk mencatat ringkasan informasi secara pasti seperti jumlah kata (word count) dari sebuah dokumen. Ketika dokumen Microsoft Word dibuka, pada status bar di bagian bawah sebelah kiri area kerja, Anda dapat menemukan informasi dokumen terkait posisi halaman saat ini, jumlah halaman, jumlah kata dan bahasa. Namun pernahkah Anda berfikir untuk bisa menyisipkan jumlah kata ke dokumen itu sendiri? Menyisipkan jumlah kata ke dalam dokumen Word bukan hal yang sulit. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menyisipkan jumlah kata di dokumen Microsoft Word 2013:

Jalankan aplikasi Microsoft Word dan kemudian buka dokumen yang telah dibuat sebelumnya. Letakkan kursor di tempat yang diinginkan untuk menampilkan hitungan kata. Anda juga dapat menambahkan kata atau frase awalan.

Pastikan Anda berada di tab INSERT, di kelompok Text, klik tombol Quick Parts dan kemudian pilih Field...

Di kotak dialog Filed yang muncul, pilih Document Information dari kotak drop-down berlabel Categories

Kemudian di bagian daftar Field names, pilih NumWords.

Hitungan kata akan langsung ditampilkan di posisi kursor berada. Anda dapat memastikan bahwa jumlah kata ini sama dengan jumlah kata yang terdapat diĀ informasi dokumen yang terletak pada status bar di bagian bawah sebelah kiri area kerja.

Apabila Anda melakukan perubahan seperti menambah atau menghapus atau merubah kata, frase, kalimat, paragraf dan lain sebagainya, jumlah kata baru dapat diperoleh dengan melakukan update filed dengan cara klik kanan pada jumlah kata dan kemudian pilih Update Field.

Baca artikel terkait lainnya: