Properti dokumen (document properties) atau sering disebut dengan metadata adalah ditail tentang file yang menggambarkan atau mengidentifikasinya. Properti dokumen meliputi judul, pengarang, subyek, kategori, kata kunci dan lain sebagainya yang mengidentifikasi topik atau isi dokumen. Keberadaan properti dokumen dapat dimanfaatkan untuk menyertakan informasi terkait dokumen yang dibuat ke dalam file.

Ketika Anda membuka properti dokumen, beberapa informasi telah ditambahkan seperti judul, pengarang dan perusahaan. Namun demikian, Anda juga dapat menambahkan, menghapus atau merubah informasi pada properti dokumen. Isi dari properti dokumen yang lengkap dapat mempermudah dalam membantu menemukan file dengan memanfaatkan properti atau nilai yang spesifik. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melihat atau merubah properti dokumen di Microsoft Word:

Jalankan aplikasi Microsoft Word dan kemudian buka salah satu dokumen yang telah Anda buat. Klik tab FILE dan kemudian klik Info.

Di halaman Info yang muncul, di area sebelah kanan, klik Properties dan kemudian pilih Advanced Properties

Kotak dialog properties untuk dokumen muncul. Di sini Anda dapat menambahkan, menghapus atau merubah informasi pada properti dokumen, apabila telah selesai, klik tombol OK.

Properti dokumen akan ditampilkan ulang dengan informasi yang terkini.

Baca artikel terkait lainnya: