Sebagai pengguna aplikasi Microsoft Office (Word, Excel atau PowerPoint), Anda tentu sudah tahu dan terbiasa bahwa ketika menjalankan salah satunya, yang pertama kali muncul adalah Start screen. Start screen akan menawarkan kepada Anda berbagai macam template dan juga daftar dokumen yang pernah Anda akses. Bagi sebagian pengguna, start screen cukup membantu ketika Anda ingin mengawalinya dengan menggunakan template yang berbeda atau Anda ingin membuka kembali dokumen yang pernah Anda akses sebelumnya.

Namun demikian, mayoritas pengguna aplikasi Microsoft Office memulai dokumen dengan menggunakan template kosong (blank template). Dengan demikian, mereka lebih menyukai untuk melewati (bypass) start screen yang menawarkan opsi tersebut dan langsung membuka template kosong (blank document untuk Word, blank workbook untuk Excel atau blank presentasion untuk PowerPoint). Apabila Anda salah satu dari mayoritas pengguna tersebut, berikut ini adalah cara menonaktifkan start screen dan langsung membuka blank document di Microsoft Word. Cara ini juga dapat diterapkan untuk Excel dan PowerPoint.

Jalankan aplikasi Microsoft Word, klik tab File dan kemudian pilih Options.

Menonaktifkan Start screen di Microsoft Word 2016

Di kotak dialog Word Options yang muncul, pastikan Anda berada di tab General (1), di bagian Start up options, hilangkan tanda centang di kotak centang (check box) berlabel Show the Start screen when this application starts (2) dan kemudian klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.

Menonaktifkan Start screen di Microsoft Word 2016