Karakter-karakter khusus yang tidak tercetak di dokumen Microsoft Word
Pin It

Ini adalah pengalaman saya ketika seorang teman membuat sebuah dokumen dan setelah selesai meminta saya untuk memeriksanya. Saya melihat ada beberapa pemberian spasi lebih antara dua kata di dalam surat tersebut. Saya kemudian memberitahunya dan memintanya untuk memperbaiki selain juga sedikit perbaikan kalimat untuk memperhalus bahasanya. Awalnya dia tetap mengatakan bahwa pemberian spasi sudah benar dan sama sampai akhirnya saya menampilkan dan menunjukkan karakter tidak tercetak (non-printing characters) yang mewakili spasi.

Ketika Anda membuat dokumen, selain konten dokumen yang Anda buat, Microsoft Word juga menggunakan karakter-karakter khusus lain yang secara normal tidak ditampilkan di layar komputer. Microsoft Word menggunakan karakter-karakter ini untuk maksud tertentu seperti untuk mewakili tab, spasi, paragraf dan lain sebagainya. Karakter-karakter khusus ini disebut dengan non-printing characters. Karakter-karakter ini dapat digunakan untuk mempermudah dalam memeriksa apakah format dokumen telah diberikan dengan benar atau masih ada kekeliruan.

Anda mungkin akan lebih mudah dan terbantu dengan menampilkan karakter-karakter khusus ini ketika sedang membuat dokumen panjang. Anda dapat lebih mudah mengenali dan memahami tab, spasi atau yang lainnya di dalam dokumen yang sedang dibuat. Di Microsoft Word, Anda dapat menampilkan atau menyembunyikan karakter-karakter khusus ini dengan mudah. Ketika Anda memilih untuk menampilkannya, karakter-karakter ini tidak akan ikut tercetak ketika Anda mencetak dokumen.

1. Melalui kotak dialog Word Options

Jalankan aplikasi Microsoft Word 2016 dan kemudian buat atau buka dokumen yang sudah ada. Klik tab File dan dari backstage screen yang muncul, klik atau pilih Options.

Menampilkan karakter-karakter khusus yang tidak tercetak di dokumen Microsoft Word

Dari kotak dialog Word Options yang muncul, pastikan Anda berada di tab Display (1), di bagian Always show these formatting marks on the screen, beri tanda centang di kotak centang untuk tiap-tiap karakter tidak tercetak (non-printing character) yang ingin ditampilkan (2) dan kemudian klik tombol OK (3).

Menampilkan karakter-karakter khusus yang tidak tercetak di dokumen Microsoft Word

2. Melalui tombol Pilcrow di ribbon

Cara ini lebih cepat dan praktis serta akan menampilkan semua karakter-karakter tidak tercetak (non-printing characters) apabila pemformatannya ada di dokumen tersebut. Pastikan Anda berada di tab Home (1) dan kemudian cari dan klik tombol yang menyerupai huruf "P" terbalik yang disebut "Pilcrow" (2).

Menampilkan karakter-karakter khusus yang tidak tercetak di dokumen Microsoft Word

Baca artikel terkait lainnya: