Di Microsoft Word, field adalah tempat atau penampung (placeholder) untuk data yang munkin berubah di dalam dokumen. Dalam keseharian, Anda mungkin jarang menggunakan field ketika membuat dokumen Microsoft Word. Namun untuk situasi tertentu, menambahkan field dapat memberikan kontrol yang lebih tepat atas teks dinamis di dalam dokumen. Contoh field yang mungkin tanpa Anda sadari pernah gunakan adalah penambahan page numbers di header atau footer atau ketika sedang membuat dokumen mail-merge.

Field merupakan bagian penting dari Microsoft Word. Microsoft Word sendiri memiliki banyak field bawaan (built-in fields) yang lebih dari cukup untuk keperluan dokumen Anda. Beberapa diantaranya yang mungkin pernah Anda gunakan adalah Date, Time, FileSize, FileName, NumberChars, NumberPages dan NumberWords. Anda dapat menambahkan field secara manual ke dokumen atau Microsoft Word akan menambahkan field secara otomatis melalui penggunaan perintah atau fitur bawaan. Page numbers di header atau footer adalah contoh penambahan field secara otomatis melalui penggunaan perintah atau fitur Microsoft Word.

Cara menonaktifkan atau menghilangkan field shading di Microsoft Word

Secara standar, ketika Anda meletakkan pointer mouse ke field yang ada di dokumen, field tersebut akan diarsir (shaded). Ketika Anda menyeleksi field tersebut, field akan diarsir dan disorot (highlighted). Pengarsiran field ini berguna untuk membedakan teks dari field yang ditambahkan dan teks biasa. Namun bila dokumen berisi field tersebut akan dibagikan ke orang lain, Anda memiliki opsi untuk menonaktifkan atau menghilangkan arsiran field (field shading) agar tidak mengganggu atau tidak membingungkan. Berikut ini adalah cara menonaktifkan atau menghilangkan arsiran field (field shading) di Microsoft Word:

Jalankan aplikasi Microsoft Word 2016 dan kemudian buka dokumen Microsoft Word yang berisi field. Klik tab File dan dari backstage screen yang muncul, klik atau pilih Options.

Cara menonaktifkan atau menghilangkan field shading di Microsoft Word

Di kotak dialog Word Options yang muncul, pastikan Anda sudah berada tap Advanced (1), di bagian Show document content, klik anak panah ke bawah dari kotak daftar tarik turun (combo box) berlabel Field shading, kemudian pilih nilai Never (2) dan selanjutnya akhiri dengan mengklik tombol OK (3).

Cara menonaktifkan atau menghilangkan field shading di Microsoft Word