Pin It

Mencetak dokumen Microsoft Word bukan hal sulit tentunya. Namun apabila Anda mencetak dokumen dalam jumlah cukup banyak, tentu akan sedikit merepotkan dan memakan waktu ketika harus menyusun atau mengurutkan kembali dokumen yang sudah tercetak agar halaman pertama berada di posisi atas dan halaman terakhir berada di posisi paling bawah. Secara standar, Microsoft Word mulai mencetak dokumen dari halaman pertama sehingga hasil akhir cetakan mempunyai urutan yang terbalik.

Microsoft Word sebenarnya memiliki pengaturan terkait urutan pencetakan standar ini. Anda dapat merubah atau melakukan penyesuaian agar Microsoft Word melakukan pencetakan dokumen dimulai dari halaman terakhir terlebih dahulu. Dengan demikian, hasil cetakan dokumen sudah dalam urutan yang benar dan Anda tidak perlu lagi menyusun atau mengurutkan kembali. Ini tentunya dapat menghemat waktu dan juga menghindarkan Anda dari kerepotan. Berikut ini adalah cara merubah pengaturan agar Microsoft Word mencetak dokumen dimulai dari halaman terakhir terlebih dahulu:

Jalankan aplikasi Microsoft Word 2016, klik menu File dan dari backstage screen yang muncul, klik atau pilih Options.

Cara mencetak dokumen dimulai dari halaman terakhir di Microsoft Word

Di kotak dialog Word Option yang muncul, pastikaan Anda berada di tab Advanced (1), di bagian Print, beri tanda centang di kotak centang (check box) berlabel Print pages in reverse order (2) dan selanjutnya akhiri dengan mengklik tombol OK (3).

Cara mencetak dokumen dimulai dari halaman terakhir di Microsoft Word