Banner OpenOffice Calc

Menggunakan Fungsi AVERAGE()

Selain bersifat free (gratis), salah satu keunggulan aplikasi OpenOffice.org Calc adalah banyaknya fungsi (function) yang dimiliki. Fungsi adalah kalkulasi yang telah terdefinisi (predefined calculation) untuk membantu menganalisa atau memanipulasi data di sebuah lembar kerja (spreadsheet). Fungsi telah menyederhanakan langkah dalam melakukan kalkulasi di lembar kerja. Dengan menggunakan fungsi, cukup disediakan argumen yang diperlukan dan kalkulasi akan dilakukan secara otomatis untuk Anda.

Salah satu fungsi umum yang sangat penting dan sering kali digunakan dalam kebanyakan lembar kerja, termasuk OpenOffice.org Calc, adalah fungsi AVERAGE(). Fungsi ini digunakan untuk menemukan rata-rata dari daftar nilai yang diberikan. Dengan menggunakan fungsi AVERAGE(), rata-rata dari suatu rentang nilai (sampai 30 nilai) dapat ditemukan dengan cepat dan mudah.

Sintak fungsi AVERAGE().

AVERAGE(nilai1; nilai2; ...; nilai30)

Apabila nilai yang dirata-rata terletak di tiap-tiap sel (cell) lembar kerja, dapat menggunakan argumen dengan acuan alamat sel lembar kerja seperti AVERAGE(C1:C5). niali1, nilai2 sampai dengan nilai30 atau C1:C5 adalah argumen fungsi AVERAGE() yaitu data yang dirata-rata. Arti C1:C5 adalah rentang data yang terletak dari sel C1 sampai dengan sel C5 yaitu data di tiap-tiap sel dari C1, C2, C3, C4, dan C5.

Penggunaan fungsi AVERAGE().

Berikut ini adalah contoh penggunaan fungsi AVERAGE() untuk menghitung rata-rata nilai mata pelajaran siswa sekolah dasar. Jumlah siswa terdiri dari 8 orang dan jumlah mata pelajaran yang rata-ratanya dicari ada 10.

Buat tabel menggunakan OpenOffice.org Calc berisi data siswa dan nilai semua mata pelajaran.

Klik sel M6, tempat dimana rata-rata nilai yang diperoleh oleh siswa Anggara Riswanto akan ditempatkan dan ketikkan formula =AVERAGE(C6:L6).

Apabila Anda perhatikan, penulisan formula di sel M6 juga akan ditampilkan di area penulisan formula. Apabila penulisan formula telah lengkap, tekan tombol keyboard Enter untuk melihat hasilnya.

Rata-rata nilai untu siswa Anggara Riswanto ditampilkan, sedangkan rata-rata nilai siswa yang lain dapat dicari dengan cara menyalin formula yaitu menekan dan menarik handler (bujur sangkar kecil warna hitam yang terletak di kanan bawah) dari sel M6 yang aktif sampai ke sel M13. Penyalinan formula di sel ditandai dengan garis bujur sangkar warna merah.

Klik sel di luar area tabel untuk melihat rata-rata nilai siswa yang lain.

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.