OpenOffice.org merupakan program aplikasi perkantoran yang dapat diunduh dan digunakan secara gratis. Dibandingkan dengan Microsoft Office besutan raksasa perangkat lunak Microsoft, fitur yang terdapat di aplikasi OpenOffice memang belum terlalu lengkap. Namun demikian, keberadaannya saat ini sudah lebih dari cukup bagi sebuah aplikasi suite open source untuk membuat dokumen (Writer), pengolah data (Calc), dan presentasi (Impress).

Tampilan antar muka (GUI) OpenOffice (3.4.x) lebih mirip dengan Microsoft Office 2003 atau sebelumnya. Tampilan antar muka dari OpenOffice lebih mudah untuk dimodifikasi. Anda dapat bereksperimen dengan fitur-fiturnya untuk merubah tampilan yang ada agar sesuai dengan keinginan Anda. Contoh berikut ini akan memperlihatkan kepada Anda bagaimana merubah tampilan tombol-tombol toolbar OpenOffice.org Impress menjadi hanya berupa teks. Perlu ketahui bahwa secara default, tombol perintah toolbar tampil dalam bentuk ikon-ikon (icons).

Buka terlebih dahulu program aplikasi OpenOffice.org Impress. Anda dapat memperhatikan tombol-tombol toolbar di bawah menu yang masih berupa ikon. Tombol-tombol yang berada di baris pertama (tombol perintah kelompok Standart) akan diganti menjadi berupa teks.

Untuk mulai merubah tombol-tombol tersebut menjadi berupa teks, klik menu View > Toolbars > Customize... Jendela Customize akan terbuka. Pilih kelompok tombol dari kotak drop down berlabel Toolbar yang akan dirubah menjadi teks (contohnya tombol kelompok Standart), kemudian klik tombol Toolbar untuk menampilkan daftar perintah lain, pilih dan klik Text only dan akhiri dengan menekan tombol OK.

Anda dapat memperhatikan kembali bahwa tombol-tombol di baris pertama (di bawah menu) telah berubah tampilannya menjadi hanya teks.