Fungsi tombol perintah (command button) di toolbar untuk hampir semua aplikasi seperti OpenOffice atau LibreOffice adalah sebagai pintasan dalam mengakses perintah-perintah tertentu yang sering digunakan. Tanpa menggunakan tombol perintah di toolbar, Anda sebenarnya bisa mengakses perintah-perintah yang sama melalui fasilitas menu. Namun demikian, menggunakan fasilitas menu untuk mengakses perintah yang diinginkan memang kurang efisien bila dibandingkan dengan tombol perintah di toolbar.

Tidak semua tombol di toolbar dimanfaatkan secara maksimal. Terkadang sebagian besar hanya berfungsi sebagai penghias kerena jarang atau sama sekali tidak pernah digunakan. Karena terkesan penuh dan bila berlebihan dapat mengurangi area kerja aplikasi, sebagian pengguna lebih suka untuk menyembunyikan tombol-tombol tersebut. Bila Anda juga merasa demikian, Anda dapat menyembunyikan tombol diinginkan dari tampilan. Berikut ini adalah cara menyembunyikan tombol tertentu di toolbar OpenOffice.org Impress:

Buka terlebih dahulu aplikasi OpenOffice.org Impress. Pastikan Anda melihat tombol Format Paintbrush (dengan ikon kuas) yang berada tepat di bawah menu Help. Di contoh ini, tombol Format Paintbrush akan disembunyikan (Anda dapat memilih tombol manapun untuk disembunyikan).

Menyembunyikan Tombol Perintah Toolbar di OpenOffice Impress

Klik tanda panah arah ke bawah yang berada di posisi paling kanan yang sejajar dengan tombol Format Paintbrush (1) dan kemudian pilih Visible Buttons (2).

Menyembunyikan Tombol Perintah Toolbar di OpenOffice Impress

Daftar semua tombol yang aktif dan yang tidak aktif ditampikan. Cari dan kemudian klik tombol Format Paintbrush.

Menyembunyikan Tombol Perintah Toolbar di OpenOffice Impress

Sekarang Anda dapat memperhatikan kembali bahwa tombol Format Paintbrush sudah tidak ditampilkan lagi di toolbar (disembunyikan).

Menyembunyikan Tombol Perintah Toolbar di OpenOffice Impress