Banner OpenOffice Impress

Cara Menyembunyikan Tombol Perintah Toolbar

Fungsi tombol perintah (command button) di toolbar untuk kebanyakan aplikasi perkantoran seperti OpenOffice atau LibreOffice adalah sebagai jalan pintas untuk mengakses perintah-perintah tertentu yang sering digunakan. Tanpa menggunakan tombol perintah di toolbar, Anda sebenarnya bisa mengakses perintah-perintah yang sama melalui fasilitas menu. Namun demikian, menggunakan fasilitas menu untuk menemukan perintah yang diinginkan memang kurang efisien apabila dibandingkan dengan menggunakan tombol perintah di toolbar.

Tidak semua tombol perintah di toolbar yang tampil di antar muka grafis sebuah aplikasi dapat dimanfaatkan secara maksimal. Terkadang sebagian besar hanya berfungsi sebagai penghias kerena jarang atau sama sekali tidak pernah digunakan. Karena terkesan penuh dan apabila berlebihan bisa mengurangi area kerja aplikasi, sebagaian pengguna mungkin lebih suka menyembunyikan tombol-tombol tersebut. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menyembunyikan tombol perintah tertentu yang ada di toolbar aplikasi OpenOffice.org Impress.

Buka terlebih dahulu aplikasi OpenOffice.org Impress. Pastikan Anda melihat tombol perintah Format Paintbrush (dengan ikon kuas) yang berada tepat di bawah menu Help. Di artikel kali ini, tombo lperintah Format Paintbrush akan disembunyaikan (Anda dapat memilih tombol manapun untuk disembunyikan).

Klik tanda panah arah ke bawah yang berada di posisi paling kanan dan sebaris dengan deretan tombol-tombol perintah pertama (deretan tombol perintah yang berada tepat di bawah menu) dan kemudian pilih atau klik Visible Buttons.

Daftar semua tombol perintah yang aktif dan yang tidak aktif ditampikan. Cari dan kemudian klik tombol perintah Format Paintbrush.

Sekarang Anda dapat memperhatikan kembali bahwa tombol perintah Format Paintbrush sudah tidak ditampilkan (disembunyikan).

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.