Pada umumnya, banyak aplikasi baik yang berasal dari sumber terbuka (open source) atau yang komersial terinstal dengan bahasa standarnya yaitu bahasa inggris, terkecuali ada opsi bahasa dan Anda menentukan lain. Hal ini tidak terkecuali untuk aplikasi sumber terbuka seperti OpenOffice.org. Apabila Anda telah menginstal OpenOffice.org dengan pilihan bahasa inggris, sedangkan dokumen yang dibuat menggunakan bahasa indonesia, maka teks-teks yang diketik akan diberi garis berombak warna merah (wavy red line). Hal ini disebabkan karena setiap teks yang diketik dievaluasi sebagai bahasa inggris, sehingga teks bahasa indonesia akan dianggap sebagai kesalahan pengetikan atau pengetikan yang kurang lengkap sehingga diberi tanda garis berombak warna merah dan perlu dibetulkan.

Apabila Anda sedang membuat dokumen teks menggunakan aplikasi OpenOffice.org Writer dan menjumpai banyak sekali teks dengan garis berombak warna merah di dokumen yang sedang atau telah Anda buat sebelumnya, Anda dapat menghilangkan garis berombak warna merah tersebut untuk melihat tampilan dokumen menjadi jauh lebih baik. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menghilangkan garis berombak warna merah di dokumen OpenOffice.org Writer:

Buat dokumen baru atau buka dokumen yang sudah ada menggunakan OpenOffice.org Writer. Anda dapat melihat tampilan dokumen tersebut yang terdapat garis berombak warna merah.

Menghilangkan garis bergelombang warna merah di OpenOffice.org Writer

Pilik atau klik menu Tools (1) dan kemudian submenu Options... (2) untuk menampilkan kotak dialog Options -Language Settings - Writing Aids.

Menghilangkan garis bergelombang warna merah di OpenOffice.org Writer

Darikotak dialog Options -Language Settings - Writing Aids yang muncul, klik tanda plus (+) dari Language Setting dan kemudian klik Writing Aids. Di bagian Options, hilangkan tanda centang di kotak centang (check box) berlabel Check spelling as you type dan Check grammar as you type dan kemudian akhiri dengan menekan tombol OK.

Menghilangkan garis bergelombang warna merah di OpenOffice.org Writer

Anda dapat melihat kembali bahwa garis berombak warna merah telah dihilangkan dari dokumen OpenOffice.org Writer.

Menghilangkan garis bergelombang warna merah di OpenOffice.org Writer

Baca artikel terkait lainnya: