Banner OpenOffice Writer

Menghilangkan Garis Berombak Warna Merah

Pada umumnya, banyak aplikasi baik yang berasal dari sumber terbuka (open source) atau yang komersil terinstal dalam bahasa default yaitu bahasa inggris, terkecuali ada opsi bahasa dan Anda menentukan lain. Hali ini tidak terkecuali untuk aplikasi sumber terbuka seperti OpenOffice.org. Apabila Anda telah menginstal OpenOffice.org dengan pilihan bahasa inggris, sedangkan dokumen yang dibuat menggunakan bahasa indonesia, maka teks-teks yang diketik akan diberi garis berombak warna merah (wavy red line). Hal ini disebabkan karena setiap teks yang diketik dievaluasi sebagai bahasa inggris, sehingga teks bahasa indonesia akan dianggap sebagai kesalahan pengetikan atau pengetikan yang kurang lengkap sehingga diberi tanda garis berombak warna merah dan perlu dibetulkan.

Apabila Anda sedang membuat dokumen teks menggunakan aplikasi OpenOffice.org Writer dan menjumpai banyak sekali teks dengan garis berombak warna merah di dokumen yang sedang atau telah dibuat, Anda dapat menghilangkan garis berombak warna merah untuk melihat tampilan dokumen jauh lebih baik. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat diikuti untuk menghilangkan garis berombak warna merah yang ada di dokumen yang dibuat menggunakan OpenOffice.org Writer:

Buat atau buka dokumen yang dibuat menggunakan OpenOffice.org Writer.

Pilik dan klik menu Tools > Options....

Dari jendela yang muncul, klik tanda plus (+) dari Language Setting dan kemudian klik Writing Aids.

Di bagian Options, hilangkan tanda centang di kotak cek (check box) dari Check spelling as you type dan Check grammar as you type dan kemudian tekan tombol OK.

Anda dapat melihat kembali bahwa garis berombak warna merah telah hilang dari dokumen.

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.