Pin It

OpenOffice.org merupakan salah satu alternatif untuk Microsoft Office. Sifatnya yang terbuka (open source) dan gratis menjadikan OpenOffice.org begitu cepat populer dan banyak digunakan. Bagi Anda yang terkendala menggunakan Microsoft Office karena faktor harga yang cukup lumayan mahal dan lisensi, OpenOffice.org bisa menjadi pilihan berikutnya. Aplikasi-aplikasi OpenOffice.org seperti Writer, Calc, Impress, dan Base dapat menjadi subtitusi dari aplikasi-aplikasi Microsoft Office seperti Word, Excel, PowerPoint, dan juga Access.

Di satu sisi, OpenOffice.org juga menawarkan dukungan terhadap Microsoft Office, tetapi tidak sebaliknya. Dokumen teks yang dibuat menggunakan OpenOffice.org Writer akan disimpan dengan ekstensi .odt. Apabila menginginkan untuk dapat dibuka menggunakan Microsoft Office Word, Anda dapat menyimpannya dengan ekstensi .doc. OpenOffice.org Writer untuk saat ini belum bisa menyimpan dokumen teks dengan ekstensi .docx (ekstensi file untuk Microsoft Office Word 2007, 2010, dan 2013), tetapi dapat membuka dokumen teks dengan ekstensi tersebut.

Apabila Anda sedang membuat atau mempunyai dokumen teks dari OpenOffice.org Writer dan ingin menyimpan dokumen tersebut dengan ekstensi .doc sehingga dapat dibuka menggunakan Microsoft Office Word XP atau versi di bawahnya, berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda diikuti:

Buat atau buka dokumen teks menggunakan OpenOffice.org Writer.

Menyimpan dokumen OpenOffice Writer sebagai file Microsoft Word

Pilih atau klik menu File (1) dan kemudian subnmenu Save As...(2).

Menyimpan dokumen OpenOffice Writer sebagai file Microsoft Word

Dari jendela Save As yang muncul, tentukan folder atau direktori tempat penyimpanan, beri nama file di kotak teks (text box) berlabel File Name (1), pilih Microsoft Word 97/2000/XP (.doc) dari kotak pilihan drop-down berlabel Save As Type (2) dan kemudian klik tombol Save untuk menyimpannya.

Menyimpan dokumen OpenOffice Writer sebagai file Microsoft Word

Tekan tombol Keep Current Format apabila muncul kotak dialog yang meminta penegasan penyimpanan dalam format yang Anda pilih.

Menyimpan dokumen OpenOffice Writer sebagai file Microsoft Word

Baca artikel terkait lainnya: