Jenis font yang digunakan untuk membuat dokumen teks dapat mempengaruhi kemudahan dokumen tersebut untuk dibaca. Sebuah dokumen teks yang menggunakan font dengan bentuk (style) seni tinggi tentu kurang tepat apabila digunakan untuk membuat dokumen resmi sebuah institusi dan menjadikannya sulit untuk dibaca. Dalam membuat dokumen teks, Anda tentu sering menggunakan jenis font tertentu yang sudah menjadi favorit. Sebuah institusi terkadang juga telah menetapkan jenis font yang harus digunakan untuk membuat dokumen resmi mereka. Dengan mengatur jenis font tertentu sebagai font standar, Anda dapat menggunakan font tersebut setiap kali membuat dokumen dan juga menghemat waktu mencari font yang akan digunakan.

Standar font yang digunakan di OpenOffice.org Writer adalah Times New Roman. Namun demikian apabila diinginkan, Anda dapat merubah atau mengganti font standar tersebut dengan font lain yang diinginkan. Font standar ini akan ditampilkan di font toolbar setiap kali aplikasi OpenOffice.org Writer ini dijalankan dan merupakan font yang akan selalu digunakan untuk membuat dokumen. Merubah font standar dengan font lainnya di aplikasi OpenOffice.org Writer tidaklah sulit, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Jalankan terlebih dahulu aplikasi OpenOffice.org Writer. Anda dapat perhatikan font standar yang ditampilkan di font toolbar adalah Times New Roman.

Merubah font standar di aplikasi OpenOffice.org Writer

Pilih dan klik menu Tools (1) dan kemudian pilih submenu Options... (2).

Merubah font standar di aplikasi OpenOffice.org Writer

Dari jendela yang muncul, di area sebelah kiri, klik tanda plus (+) dari OpenOffice.org Writer dan kemudian pilih Basic Fonts (Western) (1) dan font standar Times New Roman ditampilkan di kotak drop down berlabel Default (2).

Merubah font standar di aplikasi OpenOffice.org Writer

Di bagian Basic Fonts (Western), pilih font yang Anda inginkan dari kotak drop-down berlabel Default (di contoh ini font standar Times New Roman akan diganti dengan font Tahoma) dan kemudian klik tombol OK.

Merubah font standar di aplikasi OpenOffice.org Writer

Perubahan font tersebut akan diberlakukan saat itu juga untuk aplikasi OpenOffice.org Writer yang sedang berjalan. Sekarang, setiap waktu Anda menjalankan aplikasi ini, font standar yang dipakai adalah Tahoma.

Merubah font standar di aplikasi OpenOffice.org Writer