Banner OpenOffice Writer

Merubah Font Default Di OpenOffice.org Writer

Font yang digunakan dalam membuat dokumen teks dapat mempengaruhi kemudahan dokumen tersebut untuk dibaca. Sebuah dokumen teks yang menggunakan font dengan bentuk atau style seni tinggi tentu kurang tepat dan akan menjadi sulit untuk dibaca. Dalam membuat dokumen teks, Anda tentu sering menggunakan jenis font tertentu yang sudah menjadi favorit Anda. Sebuah institusi terkadang juga telah menentukan jenis font yang harus digunakan dalam membuat dokumen resmi mereka. Dengan mengatur jenis font tertentu sebagai font default, Anda dapat menggunakan font favorit setiap kali membuat dokumen dan juga menghemat waktu mencari font yang akan digunakan.

Di OpenOffice.org Writer, untuk menjadikan font tertentu sebagai font default yang akan selalu ditampilkan di font toolbar setiap kali aplikasi OpenOffice.org Writer dijalankan, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Jalankan aplikasi OpenOffice.org Writer. Anda dapat perhatikan font default yang ditampilkan (di contoh ini adalah Times New Roman).

Pilih dan klik menu Tools > Options....

Dari jendela yang muncul, klik tanda plus (+) dari OpenOffice.org Writer dan kemudian pilih Basic Fonts (Western).

Di bagian Basic Fonts (Western), pilih font favorit Anda dari kotak drop-down Default (di contoh ini menggunakan font Tahoma) dan kemudian tekan tombol OK.

Pengaturan tersebut berlaku saat itu juga untuk aplikasi OpenOffice.org Writer yang sedang berjalan. Setiap waktu Anda menjalankan aplikasi ini, font default yang dipakai adalah Tahoma.

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.