Pin It

OpenOffice adalah office suite sumber terbuka yang bersifat gratis (free) sehingga dapat diunduh dan digunakan oleh siapa saja. Writer atau lengkapnya OpenOffice Writer, salah satu komponen yang terdapat di OpenOffice, adalah aplikasi pengolah kata (word processor) sebagaimana Microsoft Office Word. OpenOffice Writer memiliki kemampuan serta fitur yang tidak kalah dengan Microsoft Office Word dan bisa menjadi alternatifnya. Dokumen yang dibuat menggunakan OpenOffice Writer memiliki format .odt, namun Anda diberi opsi untuk menyimpannya dalam format .doc yang dapat dibuka di Microsoft Word.

Salah satu fitur penting yang juga biasa digunakan dalam pembuatan dokumen adalah watermark. Watermark sendiri adalah teks atau gambar yang muncul di bagian latar dokumen. Watermark biasanya digunakan untuk memberi identitas mengenai status suatu dokumen. Sebagai contoh, dokumen yang telah selesai namun perlu mendapat koreksi Pimpinan dapat diberi status "DRAFT". Draf suatu dokumen yang bersifat rahasia dapat diberi identitas "RAHASIA" dan lain sebagainya. Di Microsoft Word, fitur ini dinyatakan dengan jelas sebagai fitur Watermark, namun di OpenOffice 4.1.3 Writer tidak ada fitur khusus yang disebut dengan watermark.

Namun ini bukan berarti Anda tidak dapat menambahkan watermark di OpenOffice Writer. Anda dapat menambahkan watermark ke OpenOffice Writer (dan juga OpenOffice Calc, OpenOffice Impress dan lainnya) apabila Anda memiliki grafis (image atau gambar) yang akan digunakan sebagai watermark. Walaupun untuk sementara ini opsi menambahkan watermark di OpenOffice tidak semudah dan sejelas di Microsoft Office, namun sudah sangat bagus untuk kelas software (perangkat lunak) sumber terbuka. Berikut ini adalah cara menambahkan watermark ke dokumen OpenOffice Writer:

Buka file atau dokumen OpenOffice Writer yang akan ditambah atau diberi watermark.

Menambahkan watermark di OpenOffice Writer

Klik menu Format dan kemudian pilih Page...

Menambahkan watermark di OpenOffice Writer

Di kotak dialog Page Style: Default yang muncul, pastikan Anda berada di tab Background (1), dari kotak drop-down berlabel As, pilih Graphic (2), Tentukan file grafis (gambar) yang akan digunakan sebagai watermark dengan mengklik tombol Browse... (3). Di kotak dialog Find Graphic yang muncul, pilih grafis yang akan digunakan sebagai watermark dan kemudian klik tombol OK. Grafis akan ditampilkan di area Preview. Di opsi Type, pilih salah satu untuk menentukan bagaimana grafis tersebut akan ditampilkan sebagai watermark (4). Apabila telah selesai, klik tombol OK untuk mengakhiri (5).

Menambahkan watermark di OpenOffice Writer

Sekarang grafis yang telah Anda pilih sebelumnya ditampilkan sebagai watermark di dokumen OpenOffice Writer.

Menambahkan watermark di OpenOffice Writer

Baca artikel terkait lainnya: