Di OpenOffice, hyperlink atau secara sederhana disebut dengan link (tautan) adalah teks atau obyek grafis (bisa berupa gambar, foto atau ikon) yang ketika diklik akan mengarahkan ke tempat lain di dokumen yang sama atau ke dokumen yang sama sekali berbeda. Dalam banyak hal, hyperlink digunakan untuk mengacu ke sumber daya online di internet, umumnya adalah halaman sebuah web. Hyperlink dapat Anda temukan di hampir semua halaman web. Hyperlink-hyperlink ini digunakan untuk membuka halaman-halaman web lainnya.

Anda dapat membuat dokumen apapun menggunakan OpenOffice Writer yang mungkin sebagian data atau informasinya bersumber dari internet. Tentu, apabila ini terkait dengan hak cipta (copyright), Anda seharusnya meyertakan sumbernya. Selain dengan menyertakan sumbernnya, Anda juga dapat menambahkan link yang mengarahkan ke sumber di internet tersebut. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi menyertakan informasi tambahan lainnya terkait dengan hak cipta karena sudah terwakili oleh hyperlink.

Hyperlink di OpenOffice tidak berbeda dengan hyperlink yang ada di sebuah web. Hyperlink berupa teks akan berbeda warna dengan teks biasa dan diberi garis bawah (underline). Anda dapat membuat hyperlink secara manual dari teks atau obyek grafis, namun apabila Anda mengetik alamat web atau url (menggunakan http), OpenOffice secara otomatis akan merubahnya menjadi hyperlink. Berikut ini adalah cara membuat hyperlink (link) yang mengarah ke halaman sebuah web secara manual di OpenOffice Writer:

Jalankan aplikasi OpenOffice Writer dan selanjutnya ketikkan beberapa nama domain. Sorot (blok) salah satu nama domain yang akan dirubah menjadi hyperlink, misalnya topikit.com

Membuat hyperlink (link) secara manual di OpenOffice

Klik menu Insert dan kemudian pilih Hyperlink.

Membuat hyperlink (link) secara manual di OpenOffice

Di kotak dialog Hyperlink yang muncul, pilih jenis hyperlink-nya (1), ketikkan url atau alamat website-nya (2), klik tombol Apply (3) dan kemudian tombol Close untuk menutup kotak dialog Hyperlink (4).

Membuat hyperlink (link) secara manual di OpenOffice

Sekarang Anda dapat memperhatikan teks nama domain topikit.com telah berubah warna dan menjadi hyperlink. Teks tersebut dapat diklik (clickable) untuk membuka halaman website sesuai dengan alamat website atau url yang dimasukkan

Membuat hyperlink (link) secara manual di OpenOffice

Untuk mengklik hyperlink tersebut, tekan dan tahan tombol keyboard Ctrl dan kemudian klik hyperlink-nya. Halaman pertama (homepage) website topikit.com dibuka menggunakan browser standar.

Membuat hyperlink (link) secara manual di OpenOffice

Baca artikel terkait lainnya