OpenOffice memiliki fitur untuk merubah secara otomatis URL atau alamat web (web address) menjadi hyperlink (link). OpenOffice dapat mengenali teks yang Anda ketik sebagai URL atau bukan. Secara standar, fitur ini telah diaktifkan. Ketika Anda membuat dokumen menggunakan OpenOffice Writer, bekerja dengan spreedsheet OpenOffice Calc atau membuat slide dengan OpenOffice Impress dan kemudian mengetikkan URL, URL tersebut akan dirubah secara otomatis menjadi hyperlink ketikan tombol keyboard Enter ditekan atau ketika spasi ditambahkan.

Fitur ini sangat berguna dan membebaskan Anda dari membuat hyperlink secara manual. Namun ada saat dimana Anda akan memilih untuk menonaktifkan fitur ini ketika tidak menginginkan OpenOffice merubahnya secara otomatis menjadi hyperlink. Mungkin Anda hanya bermaksud untuk mengetik URL sebagai teks biasa, bukan sebagai hyperlink. Di OpenOffice, Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini dengan mudah melalui pengaturan automatic recognition. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur merubah otomatis URL menjadi hyperlink di OpenOffice Writer:

Jalankan OpenOffice Writer terlebih dahulu. Ketikkan beberapa URL atau alamat web untuk memastikan bahwa OpenOffice Writer merubah URL tersebut menjadi hyperlink (link). Untuk menonaktifkan fitur merubah otomatis URL menjadi hyperlink, klik menu Tools (1) dan kemudian pilih submenu AutoCorrect Options... (2).

Mengaktifkan atau menonaktifkan fitur merubah otomatis URL menjadi hyperlink di OpenOffice Writer

Di kotak dialog AutoCorrect yang muncul, pastikan Anda telah berada di Options (1), di baris URL Recognition, hilangkan tanda centang dari kotak centang (check box) di kolom [M] dan [T] dan kemudian akhiri dengan mengklik tombol OK (3).

Mengaktifkan atau menonaktifkan fitur merubah otomatis URL menjadi hyperlink di OpenOffice Writer

Ketik kembali beberapa URL yang sebelumnya telah diketik dan sekarang OpenOffice writer akan tidak merubah URL tersebut menjadi hyperlink. Teks hyperlink akan ditandai dengan warna biru dan bergaris bawah (underline) apabila Anda belum merubah pengaturan standar ini.

Mengaktifkan atau menonaktifkan fitur merubah otomatis URL menjadi hyperlink di OpenOffice Writer

Untuk mengaktifkan kembali fitur merubah otomatis URL menjadi hyperlink, beri tanda centang di kotak centang (check box) pada kolom [M] dan [T] dan kemudian akhiri dengan mengklik tombol OK.