Pin It

Sebagai seorang yang menggeluti dunia ITC, Anda tentu tidak asing dengan MySQL, sebuah DBMS (Database Management System) yang banyak digunakan untuk saat ini. Web hosting, web programmer dan banyak program aplikasi web CMS seperti Joomla, Wordpress dan Drupal menggunakan MySQL sebagai solusi basis datanya. MySQL didasarkan pada SQL (Select Query language) yaitu bahasa standar untuk berkomunikasi dengan sistem manajemen basis data relasional. MySQL dapat dipasang (install) dan berjalan dengan stabil di banyak sistem operasi seperti Windows, Linux, FreeBSD, Mac Os X, Solaris, Amiga dan lain sebagainya.

Ketika Anda memasang (install) MySQL di sistem operasi Windows, MySQL dapat diatur (set up) sebagai Windows service. Servis ini seharusnya mulai berjalan secara otomatis setiap komputer dinyalakan (boot up). Namun demikian, apabila tidak berjalan sebagaimana mestinya, Anda dapat memulai atau menghentikan MySQL secara manual melalui pengelola servis dari sistem operasi Windows (Windows service manager). MySQL tidak akan berjalan atau tidak bisa digunakan apabila servis Windows belum mulai. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menjalankan atau menghentikan servis Windows MySQL secara manual di Windows:

Klik menu Start > Control Panel > System and Security > Administrative Tools dan dari jendela yang terbuka, klik ganda Services.

Menjalankan dan menghentikan servis Windows dari MySQL

Untuk mulai menjalankan servis Windows dari MySQL, klik kanan pada MySQL dan pilih Start pada menu pop-up yang muncul.

Menjalankan dan menghentikan servis Windows dari MySQL

Untuk menghentikan servis Windows dari MySQL, klik kanan pada MySQL dan pilih Stop pada menu pop-up yang muncul.

Menjalankan dan menghentikan servis Windows dari MySQL