Menggunakan program client berbasis teks bawaan MySQL

Hampir semua basis data relasional yang ada sekarang ini terdiri dari dua bagian atau komponen berbeda yaitu bagian back-end dan bagian front-end. Bagian back-end tepatnya adalah tempat penyimpanan data dari suatu database (werehouse), sedangkan bagian front-end adalah antarmuka pengguna (user interface) yang digunakan untuk berkomunikasi dengan server database guna mengelola data yang tersimpan. Ini adalah model yang umum untuk database relasional dimana penyimpanan data dan pengelolaannya menjadi bagian yang terpisah.

Ketika Anda menginstal MySQL, Anda dapat mengelola database MySQL menggunakan program client berbasis teks yang disebut dengan mysql. mysql ini adalah Program client sederhana yang ikut disertakan ketika MySQL diinstal. Program client berbasis teks ini, mysql, juga biasa disebut dengan command line interface (CLI). mysql adalah termasuk MySQL clien karena berkomunikasi dengan server MySQL. Sebagaimana Anda semua sudah tahu bahwa program yang berkomunikasi dengan server database adalah client software.

Selain program client berbasi teks bawaan MySQL, sebenarnya ada cukup banyak MySQL client lain yang dikembangkan oleh pihak ketiga. MySQL client dari pihak ketiga ini lebih berpenampilan grafis sehingga lebih mudah digunakan untuk pengelolaan database MySQL. Cukup banyaknya MySQL client yang dibuat dan dikembangkan oleh pihak ketiga tidak terlepas dari kepopuleran database MySQL itu sendiri yang juga bersifat free dan open source. Beberapa contoh MySQL client yang dibuat oleh pihak ketiga adalah HeidiSQL, Navicat fo MySQL, MySQL Workbench, dbForge Studio dan DBTools Manager.

Bila Anda cukup menguasai perintah-perintah SQL, menggunakan program client berbasis teks bawaan MySQL juga sudah lebih dari cukup. mysql ini meskipun hanya berbasis teks dan sangat sederhana, namun mempunyai kemampuan dalam mengeksekusi perintah SQL jauh lebih cepat. Anda dapat memasukkan pernyataan SQL dan hasilnya akan dikembalikan lagi ke mysql dan kemudian ditampilkan di layar. Program client berbasis teks mysql ini selalu tersedia di semua instalasi MySQL.

1. Lokasi program client berbasis teks mysql.

Program client berbasis teks mysql terinstal di subdirektori bin dibawah direktori dimana MySQL terinstal. Jika Anda menginstal MySQL, misalnya MySQL Server 5.6, di sistem operasi Microsoft Windows, standarnya adalah C:\Program Files\MySQL\MySQL Server 5.6\bin. Berbeda jika MySQL yang Anda gunakan merupakan komponen dari software stack, misalnya AMPPS atau yang lainnya, standar di AMPPS adalah C:\Program Files (x86)\Ampps\mysql\bin.

2. Memulai program client berbasis teks mysql.

Untuk menggunakan program client berbasis teks bawaan MySQL di Microsoft Windows, Anda perlu menggunakan dan menjalankan command prompt. Rubah direktori aktif command prompt saat ini ke subdirektori bin terlebih dahulu dan kemudian ketikkan "mysql -u root -p". Masukkan password yang diminta, tekan tombol keyboard Enter dan Anda sudah memulai program client berbasis teks mysql ini. mysql selanjutnya siap menerima pernyataan SQL dari Anda untuk dieksekusi. Agar Anda dapat memulai mysql dari direktori mana saja dari command prompt tanpa harus merubah ke subdirectori bin, lakukan pengaturan sebagaimana yang terdapat di artikel Pengaturan Untuk Menggunakan Database MySQL Di AMPPS Melalui Command Line

Menggunakan program client berbasis teks bawaan MySQL

3. Menggunakan program client berbasis teks mysql.

Bila Anda sudah memulai atau masuk ke program client berbasis teks, Anda dapat memberikan pernyataan SQL untuk dieksekusi, misalnya menampilkan daftar database yang saat ini ada di server MySQL atau Anda dapat memberikan query SQL untuk menampilkan data berdasarkan kriteria tertentu. Berikut ini diberikan contoh bagaimana menggunakan pernyataan SQL di program client berbasis teks untuk menampilkan daftar database yang saat ini ada di server MySQL dan kemudian memilik salah satu database untuk digunakan.

Untuk menampilkan daftar database yang ada di server MySQL, Anda menggunakan perintah "SHOW DATABASES;" dan untuk memilih database tertentu untuk digunakan, Anda dapat menggunakan perintah SQL "USE nama-database;". Screenshot di bawah ini menunjukkan bagaimana menggunakan kedua perintah SQL di program clien berbasis teks dan juga hasil eksekusi dari kedua perintah SQL tersebut.

Menggunakan program client berbasis teks bawaan MySQL