Banner Mysql

Memastikan MySQL Server Telah Berjalan Di Sistem Komputer

Umumnya, instalasi MySQL Server tidak jauh berbeda dengan MySQL Server versi-versi sebelumnya. File instalasi MySQL Server dapat diunduh dalam dua jenis ekstensi yaitu msi dan zip. Untuk Anda yang masih baru dengan basis data MySQL dan ingin menginstal MySQL Sever dengan lebih mudah, disarankan untuk mengunduh file MySQL Server yang berekstensi .msi (Windows Installer Package). Sedangkan untuk file yang berekstensi .zip (WinRAR ZIP Archive) agak sedikit rumit dalam instalasi dan konfigurasi.

Ketika instalasi dan konfigurasi MySQL Server telah selesai, Anda perlu memastikan bahwa MySQL Server telah dapat digunakan. Pertama, Anda perlu membuka jendela command line (MySQL 5.5 Command Line Client) terlebih dulu dan mengetikkan password yang sama dengan password saat proses instalasi dan konfigurasi MySQL Server dan kemudian menekan tombol Enter di keyboard.

Klik ikon Start di bagian kiri bawah, kemudian klik All Programs dan geser tombol penggulung ke atas atau ke bawah untuk menemukan folder MySQL. Di folder tersebut, temukan MySQL 5.5 Command Line Client dan klik sekali.

Memastikan MySQL Server telah berjalan di sistem komputer

Dari jendela MySQL 5.5 Command Line Client yang muncul, ketikkan password yang sama dengan password yang Anda sediakan saat proses instalasi dan konfigurasi MySQL Server.

Memastikan MySQL Server telah berjalan di sistem komputer

Apabila password yang dimasukkan benar, beberapa baris teks ditampilkan berisi ucapan selamat datang, versi server dan beberapa deskripsi singkat terkait penulisan perintah (command), hak cipta (copyright) dan bantuan (help).

Memastikan MySQL Server telah berjalan di sistem komputer

Untuk memastikan bahwa MySQL Server telah berjalan dan siap digunakan, Anda dapat mencoba menuliskan perintah (command) select –version() di baris perintah (prompt) MySQL (mysql>) untuk mengetahui versi MySQL Server yang terinstal.

Memastikan MySQL Server telah berjalan di sistem komputer

Yang perlu diperhatikan, setiap perintah yang dituliskan di prompt MySQL harus diakhiri dengan tanda titik koma (;). Dari eksekusi perintah tersebut, dapat dilihat nomor versi (version number) dari MySQL Server yang terinstal. Hasil tampilan nomor versi sekaligus juga menunjukkan bahwa MySQL Server telah berjalan di sistem komputer dan siap digunakan.

Baca artikel terkait lainnya;

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.