Penulis sedikit terkejut ketika mengambil gambar (screenshot) yang akan digunakan untuk mendukung artikel ini. Web hosting yang penulis gunakan telah merubah database mereka dari MySQL ke MariaDB. Penulis sedikit kawatir karena blog penulis yang berbasis CMS Joomla dengan jelas di system requirenment tidak mendukung database MariaDB.

Setelah menghubungi pihak customer service Expert diperoleh informasi bahwa hosting mereka mulai beralih menggunakan database MariaDB pada akhir tahun 2017. MariaDB merupakan fork (versi lain) dari MySQL yang mempunyai kemiripan. Beberapa artikel di internet juga menyatakan bahwa CMS Joomla dapat diinstal dan berjalan dengan baik menggunakan database MariaDB.

Namun dengan semakin seringnya kedua database tersebut merilis versi baru, maka akan ada perbedaan yang semakin besar pula. Penulis kawatir bila suatu saat CMS Joomla tidak lagi kompatibel dengan MariaDB kecuali jika CMS Joomla pada akhinya juga mendukung database MariaDB. Namun sampai saat ini, blog CMS Joomla penulis belum mengalami masalah dengan penggunaan database MariaDB.

Penulis awalnya mengetahui ini ketika menggunakan phpMyAdmin untuk memeriksa versi database MySQL. Hasilnya kemudian menunjukkan bawah database hosting sudah bukan MySQL lagi melainkan MariaDB. phpMyAdmin adalah aplikasi web untuk mengelola database MySQL dan juga MariaDB, dengan demikian phpMyAdmin bisa digunakan untuk database MariaDB.

phpMyAdmin adalah modul yang juga sudah ada di layanan web hosting Linux. Web hosting Linux umumnya menggunakan MySQL dan sekarang juga MariaDB sebagai solusi databasenya. Anda dapat menggunakan phpMyAdmin untuk kedua database tersebut. Dengan demikian, Anda juga dapat mengetahui informasi kedua database tersebut menggunakan phpMyAdmin. Berikut ini adalah cara mengetahui versi database MariaDB menggunakan phpMyAdmin:

Masuk ke akun cPanel Anda dan di kelompok Databases, klik atau pilih phpMyAdmin.

Mengetahui versi database MariaDB menggunakan phpMyAdmin

Laman Home phpMyAdmin terbuka. Di area sebelah kanan atas, Anda dapat melihat versi database MariaDB.

Mengetahui versi database MariaDB menggunakan phpMyAdmin

Cara lainnya untuk melihat versi database MariaDB, pastikan Anda berada di laman Home phpMyAdmin dengan mengklik tombol Home (1), klik atau pilih tab SQL (2), ketikkan perintah SQL "SELECT VERSION(); (3) dan kemudian klik tombol GO (4).

Mengetahui versi database MariaDB menggunakan phpMyAdmin

Hasil eksekusi perintah SQL di atas menampilkan versi database MariaDB.

Mengetahui versi database MariaDB menggunakan phpMyAdmin