Di penghujung bulan Mei 2014, Toshiba, vendor asal Jepang yang terkenal dengan produk elektroniknya, kembali meramaikan pasar dengan menghadirkan tablet pertama mereka yang menggunakan sistem operasi Windows 8.1. Tablet yang diberi nama Toshiba Encore 2 ini, mencoba menerapkan strategi untuk merubah mindset terhadap tablet digital yang mayoritas didominasi sistem operasi Android. Tidak dipungkiri bahwa perangkat Android memang terkenal mudah dioperasikan dan digunakan untuk mengakses berbagai aplikasi. Toshiba Encore 2 yang berplatform Windows ini juga diklaim mudah dan sanggup untuk bersaing dengan perangkat Android.

Toshiba Encore 2, tablet digital dengan sistem operasi Windows 8.1

Tablet Toshiba Encore 2 dengan target pengguna untuk pemula dan siswa sekolah ini, terbagi dalam dua ukuran yaitu 8 inci dan 10 inci dengan desain yang hampir sama. Encore 2 berukuran 8 inci memiliki ketebalan 0,38 inci dan berat 400 gram, sedangkan yang berukuran 10 inci memiliki ketebalan 0,5 inci dan berat 600 gram. Layar sentuh kedua ukuran menggunakan teknologi in-plane swiching (IPS) beresolusi 1.280 x 800 pixel dengan kapasitas pixel 149 ppi. Prosesor yang digunakan berbasis Intel Atom Quad-Core include GPU dengan RAM sebesar 1 GB atau 2 GB dan juga kapasitas memori internal yang terbagi dalam dua pilihan yaitu 8 GB dan 32 GB.

Terkait konektifitasnya, Toshiba Encore 2 didukung Bluetooth dan Wi-Fi. Perangkat ini juga menggunakan sistem multimedia yang didukung oleh Dolby Digital Plus ditambah port HDMI yang memudahkan pengguna menghubungkan ke perangkat televisi. Kehadiran Toshiba Encore 2 juga disertai dengan bundel langganan Microsoft Office 365 selama 1 tahun. Microsoft Office 365 dilengkapi dengan program untuk menunjang pekerjaan kantor seperti Word, Excel, PowerPoint, OneNote dan Outlook. Dengan bundel ini, pengguna tablet dapat memanfaatkan keberadan program tersebut secara gratis selama satu tahun. Untuk harga, Encore 2 dengan ukuran 8 inci dijual dengan harga sekitar 2,3 juta dan Encore 2 dengan ukuran 10 inci dijual dengan harga sekitar 3,1 juta.