iPhone 5

Kemunculan iPhone 5 memang sudah dinanti cukup lama dan menjadi perbincangan hangat. Pada tanggal 12 September 2012 waktu AS, bertempat di gedung Yerba Buena Center for The Art Theater, San Fransisco, Amerika Serikat, kehadirannya diumumkan secara resmi oleh Senior Vice President of Worldwide Marketing Apple, Phil Sciller. iPhone 5 adalah perangkat iPhone generasi ke-6 dan dianggap sebagai iPhone terindah yang pernah dibuat. iPhone 5 juga merupakan proyek terbesar dimana Steve Jobs banyak terlibat dari awal konsep hingga desain terakhir sehingga disebut-sebut bakal menjadi penghormatan untuknya.

Berbahan kaca dan aluminium untuk keseluruhan, iPhone 5 diklaim lebih tipis dan ringan dari iPhone generasi sebelumnya dan kompetitor sekelasnya dengan tampilan lebih elegan dan stylis. iPhone 5 memiliki ketebalan 7.6 mm atau 18 persen lebih tipis dari iPhone 4S dan bobot 112 gram atau 20 persen lebih ringan dari iPhone 4S. Dibandingkan dengan smartphone kompetitor sekelasnya, iPhone 5 masih lebih unggul. Samsung Galaxy S III mempunyai ketebalan 8.6 mm dan berat 133 gram, HTC X One dengan tebal 8.9 mm dan berat 130 gram dan Sony Xperia T dengan tebal 9.35 mm dan berat 139 gram.

iPhone 5 memiliki dimensi lebih besar dibandingkan dengan iPhone 4S. Layar iPhone 5 memiliki ukuran 4 inchi dengan resolusi 640 x 1136 pixel apabila dibandingkan dengan iPhone 4S yang hanya 3.5 inchi dengan resolusi 640 x 960 pixel. iPhone 5 mengusung LED-backlit dan dilindungi Gorilla Glass sama seperti yang diusung iPhone 4S. Kedua seri iPhone sama-sama dibekali memori eksternal sebesar 16/32/64 GB tetapi mempunyai perbedaan kapasitas RAM. Kapasitan RAM yang dimiliki oleh iPhone 5 sebesar 1 GB sedangkan iPhone 4S hanya 526 MB.

Dilihat dari sisi kamera, iPhone 5 masih mengusung kamera 8 megapixel sama dengan pendahulunya, iPhone 4S. Perbedaan hanya terjadi pada kamera bagian depan, untuk iPhone 5 memiliki kamera 1.2 megapixel sedangankan iPhone 4S hanya VGA. iPhone 5 dibenami dengan prosesor A6 quad-core, berbeda dengan iPhone 4S yang hanya mengandalkan prosesor A5 dual-core. Prosesor A6 quad-core diklaim dua kali lebih kencang dari A5 dual-core yang menjadikan kemampuan multitaskingnya lebih unggul.

Berikut ini adalah spesifikasi dari Apple iPhone 5:

Spesifikasi lengkap iPhone 5