Banner Hardware

Cara Melepas Flashdisk Dari Komputer Dengan Aman

Seberapa sering Anda menggunakan flashdisk dalam rutinitas sehari-hari? Flashdisk adalah salah satu media penyimpanan portabel yang sekarang ini banyak digunakan. Bentuknya yang kecil dan kapasitas penyimpanannya yang besar (untuk saat ini) menjadikannya sebagai media penyimpanan pilihan. Kapasitas penyimpanan flashdisk bervariasi mulai dari 128 MB, 512 MB, 1 GB, 2 GB, 4 GB, 8 GB, 64 GB dan bahkan lebih. Dengan flashdisk, Anda dapat menyimpan berbagai jenis file mulai dari file teks, video, audio, gambar, program dan lain sebagainya.

Flashdisk merupakan perangkat elektronik yang perlu diperlakukan dan digunakan dengan baik dan semestinya untuk menghindari kerusakan pada flashdisk sendiri dan data di dalamnya. Kebanyakan flashdisk memiliki lampu indikator yang akan menunjukkan apakah suatu operasi pada flashdisk sedang berlangsung atau telah selesai. Misalnya, Anda tidak seharusnya melepas (mencabut) flashdisk dari komputer ketika sebuah file dari flashdisk masih terbuka atau proses menyimpan file sedang berlangsung. Bila hal ini dilakukan, akan ada resiko pada kerusakan atau hilangnya data.

Flashdisk dapat dilepas dari komputer dengan aman apabila operasi pada flashdisk telah selesai. Anda dapat memperhatikan lampu indikator yang ada di flashdisk. Apabila lampu indikator masih menyala, ini berarti operasi pada flashdisk sedang berlangsung dan flashdisk seharusnya tidak boleh dilepas dari komputer, apabila lampu indikator sudah berhenti menyala, flashdisk bisa dilepas dengan aman. Sebenarnya, sistem operasi Microsoft Windows telah menyediakan cara untuk melepas flashdisk dengan aman dari komputer.

Klik tombol Show hiden icons berupa anak panah yang mengarah ke atas dan dari beberapa tombol yang muncul, klik tombol Safely remove hardware (tombol dengan ikon tanda centang di lingkaran hijau disertai konektor USB).

Cara melepas flashdisk dari komputer dengan aman

Dari daftar perangkat yang ditampilkan (di contoh ini hanya ada satu perangkat berupa flashdisk), klik flashdisk yang ingin dilepas dari komputer.

Cara melepas flashdisk dari komputer dengan aman

Apabila muncul kotak dialog Problem Ejecting USB Mass Storage Device, kemungkinan ada operasi pada flashdisk yang belum selesai. Klik tombol OK, apabila ada file flashdisk yang masih terbuka, tutup file terlebih dahulu atau biarkan operasi yang sedang berlangsung pada flashdisk selesai.

Cara melepas flashdisk dari komputer dengan aman

Ulangin langkah-langkah di atas, apabila Windows menampilkan notifikasi Safe To Remove Hardware, Anda dapat melepas flashdisk dari komputer dengan aman.

Cara melepas flashdisk dari komputer dengan aman

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.