Mengatasi transfer data USB yang lambat di Windows

Sebagaimana perangkat lain pada umumnya, secara alami, USB Flash Drive lama akan mengalami penurunan performa seiring dengan usia pakai dan pemakaian yang terus-menerus. Jika ini yang terjadi, opsi terbaik adalah membeli USB flash drive baru dengan teknologi yang terkini. Anda tentu tahu bahwwa USB 3.0 sekarang ini jauh lebih cepat dalam hal transfer data dibandingkan dengan USB 2.0. Namun ini tidak berarti bahwa USB lama Anda kurang berguna lagi.

Bila Anda menggunakan sistem operasi Microsoft Windows, Anda dapat mencoba mengoptimalkan kembali performa USB lama agar diperoleh kecepatan transfer data yang terbaik. Secara standar, pengaturan yang diberlakukan Microsoft Windows pada USB flash drive adalah "Quick removal (default)". Ini artinya bahwa Anda dapat melepas USB flash drive dari komputer tanpa harus menggunakan "Safely Remove Hardware". Namun, ini justru dapat mengurangi performanya.

Selain opsi "Quick Removal", sebenarnya ada opsi lainnya lagi yaitu "Better performance". Opsi "Better performance" ini dapat mempercepat transfer data USB yang Anda gunakan. Dengan merubah pengaturan ke opsi "Better performance", diharapkan kecepatan transfer data USB flas drive akan meningkat atau menjadi lebih baik. Untuk merubah pengaturan ke opsi "Better performance", berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Untuk mulai memformat, masukkan USB ke port yang ada di komputer, USB Drive akan muncul di File Explorer atau Windows Explorer. Klik kanan tombol mouse tepat di USB Drive tersebut (1) untuk menampilkan menu pintas dan kemudian pilih Properties (2). Anda juga dapat menemukan USB Drive dengan cara mengklik folder This PC dan semua drive termasuk USB Drive akan muncul.

Mengatasi masalah transfer data USB yang lambat di Windows

Di kotak dialog properties dari USB flash drive yang muncul, pastikan Anda berada di tab Hardware (1) dan kemudian klik tombol Properties (2).

Mengatasi masalah transfer data USB yang lambat di Windows

Di kotak dialog properties dari USB flash drive berikutnya yang muncul, pastikan Anda berada di tab General (1) dan kemudian klik tombol Change settings (2).

Mengatasi masalah transfer data USB yang lambat di Windows

Di kotak dialog properties dari USB flash drive berikutnya yang muncul, pastikan Anda berada di tab Policies (1), kemudian klik tombol radion (radio button) Better performance (2) dan selanjutnya akhiri dengan mengklik tombol OK (3).

Mengatasi masalah transfer data USB yang lambat di Windows