Mengetahui model motherboard di Windows

Motherboard atau mainboard adalah pondasi utama unit komputer yang mengontrol keseluruhan fungsi sistem komputer. Motherboard merupakan papan sirkuit (Printed Circuit Board | PCB) yang mengakomodasi banyak komponen komputer seperti CPU, memory, sound card, video card, network card dan lain sebagainya. Di motherboard ini komponen-komponen komputer diletakkan, saling terhubung dan berkomunikasi melalui slot, connector atau socket.

Di PC, motherboard dipasang di sisi casing melalui sekrup kecil. Motherboard memiliki port-port untuk mengkoneksikan semua komponen internal, socket sebagai tempat CPU dan satu atau lebih slot kartu untuk video card, sound card serta beberapa kartu ekspansi lainnya. Sebagai pondasi utama, mengetahui model motherboard komputer cukup penting.

Banyak pemilik komputer cenderung mengabaikan model motherboard, terlebih lagi bila setiap ada masalah, diserahkan sepenuhnya kepada teknisi komputer. Namun bila Anda menyukai tantangan dengan mencoba memperbaiki sendiri, salah satu yang perlu diketahui adalah model motherboard. Mengapa mengetahui model motherboard begitu penting? Ada cukup banyak alasan perlunya Anda mengetahui model motherboard komputer.

Beberapa alasan diantaranya adalah untuk memperbarui (update) BIOS, memperbarui driver hardware yang terkait dengan motherboard, mengganti casing yang cocok dengan bentuk motherboard, membeli komponen komputer baru yang kompatibel dengan motherboard dan lain sebagainya. Tentu, Anda dapat membuka casing dan kemudian menemukan model yang tercetak di bagian tertentu di motherboard. Namun apakah ini cara termudah menurut Anda?

Sebagian besar orang malas membuka casing, terutama laptop. Sebagian yang lain mencoba menghindari labirin perangkat keras. Bila demikian, bagaimana mengetahui model motherboard komputer? Jika Anda pengguna Microsoft Windows, Windows menyediakan tool untuk mengetahui model motherboard seperti melalui System Information, Command Line dan juga DirectX Diagnostic Tool. Berikut ini adalah cara mudah mengetahui model motherboard komputer melalui System Information dan Command Line:

1. Melalui System Information.

Tekan kombinasi tombol keyboard Windows + R untuk menjalankan kotak dialog Run, ketikkan "msinfo32" (1) dan kemudian klik tombol OK (2) atau tekan tombol keyboard Enter.

Cara mengetahui model motherboard di Windows

Jendela System Information ditampilkan. Ada cukup banyak informasi di sini, namun yang perlu Anda lihat adalah yang diberi label "System Manufacturer" dan "System Model".

Cara mengetahui model motherboard di Windows

2. Melalui Command Line.

Tekan kombinasi tombol keyboard Windows + R untuk menjalankan kotak dialog Run, ketikkan "cmd" (1) dan kemudian klik tombol OK (2) atau tekan tombol keyboard Enter.

Cara mengetahui model motherboard di Windows

Dari jendela Command Line atau Command Prompt, ketikkan "systeminfo" dan kemudian tekan Enter.

Cara mengetahui model motherboard di Windows

Dari hasil yang ditampilkan, cari label "System Manufacturer" dan "System Model".

Cara mengetahui model motherboard di Windows