Banner HTML

Menggunakan Entitas Karakter (Character Entities) Di HTML

Ketika sedang mengembangkan sebuah website, Anda tentu tidak akan terlepas dari penggunaan karakter-karakter khusus tertentu seperti simbol copyright (©), ampersand (&), lebih kecil (<), lebih besar (>), titik koma (;) dan sebagainya. Untuk menampilkan simbol-simbol tersebut di HTML, Anda perlu menggunakan entitas karakter (character entities). Penulisan entitas karakter diawali dengan simbol &, kemudian nama atau angka entitas dan diakhiri dengan titik koma (;). Sebagai contoh, untuk menampilkan simbol copyright (©), Anda perlu menulis &copy; atau &#169;.

Angka entitas adalah desimal ASCII walaupun sebernarnya Anda juga dimungkinkan untuk menggunakan heksadesimal ASCII. Keuntungan menggunakan nama entitas (entity name) adalah kemudahannya untuk diingat. Anda tentu akan lebih mudah mengingat copy daripada 169. Kelemahannya adalah tidak semua browser (peramban) mendukung (support) entitas nama, sehingga penggunaan entitas angka akan lebih baik.

Karena & digunakan untuk mengawali penulisan entitas karakter, Anda tidak dapat menggunakannya untuk mewakili ampersand. Anda seharusnya menggunakan &amp; atau &#38;. Demikian juga berlaku untuk penggunaan simbol lebih kecil (<) atau lebih besar (>). Kedua simbol tersebut digunakan untuk menandai tag HTML. Anda seharusnya menggunakan &lt; atau &#60; dan &gt; atau &#62;. Hal ini berbeda apabila Anda menggunakan Editor WYSIWYG yang umum ada di aplikasi web CMS (Content Management System). Anda dapat mengetikkan atau menyisipkan karakter khusus tersebut langsung sebagaimana di aplikasi pengolah kata (word processor) dan editor WYSIWYG sendiri yang secara otomatis akan merubahnya dalam bentuk entitas karakter. Berikut ini adalah tabel beberapa entitas yang umum digunakan:

Anda juga dapat menemukan lebih banyak lagi karakter khusus dalam bentuk angka entitas (desimal ASCII) dengan bantuan program aplikasi Microsoft Office, misalnya Microsoft Word atau Microsoft Excel. Anda cukup menampilkan kotak dialok Symbol dan di area bagian bawah pilih ASCII (decimal) dari kotak drop-down berlabel from. Angka entitas dari karakter khusus yang dipilih, akan ditampilkan di kotak teks berlabel Character code.

Berikut ini adalah contoh sederhana skrip HTML5 tentang penggunaan beberapa entitas karakter.

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Entitas Karakter</title>
</head>
<body>
<p>It&#39; time to read a HTML5 book.</p>
<p>Ibu guru sering mengatakan, &quot;Anak-anak harus rajin belajar.&quot;</p>
<p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;Joomla merupakan CMS yang paling banyak digunakan untuk membuat website 
instan dinamis. Dukungan ekstensi yang cukup banyak dan kemudahan dalam pengelolaan website, 
menjadikannya pilihan di antara aplikasi web CMS yang lain.</p>
<p>&#169; 2013 termasmedia.com</p>
</body>
</html>

It' time to read a HTML5 book.

Ibu guru sering mengatakan, "Anak-anak harus rajin belajar."

    Joomla merupakan CMS yang paling banyak digunakan untuk membuat website instan dinamis. Dukungan ekstensi yang cukup banyak dan kemudahan dalam pengelolaan website, menjadikannya pilihan di antara aplikasi web CMS yang lain.

© 2013 termasmedia.com

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.