Banner HTML

Menggunakan Elemen p

Paragraf dapat diartikan sebagai bagian tulisan yang terdiri dari beberapa kalimat yang masih berkaitan secara utuh dan membentuk suatu kesatuan pikiran. Di HTML, Anda dapat membentuk paragraf dengan menggunakan elemen p. Elemen p akan menyisipkan paragraf di dalam dokumen HTML. HTML sendiri tidak memperbolehkan paragraf di dalam paragraf lain (nested paragraph). Browser secara otomatis akan menambahkan spasi (margin) sebelum dan sesudah tiap-tiap elemen p.

<!DOCTYPE html>
<html>
<body>
<p>Setiap bahasa pemrograman mempunyai sintak penulisannya sendiri. Apabila Anda mengabaikan 
aturan tersebut, komputer tidak bisa mengenali dan mengerti kode program yang ditulis. Spesifikasi 
bahasa Java adalah definisi teknis bahasa Java yang memuat sintak dan semantik. Spesifikasi bahasa 
Java dan API (Application Program Interface) Java menetapkan standar tersebut.</p>
<p>API Java memuat kelas (class) dan interfes (interface) yang digunakan untuk membuat dan 
mengembangkan program Java. Spesifikasi bahasa Java relatif tidak berubah, tetapi API Java akan 
terus mengalami perkembangan. Anda dapat mengunduh versi  terbaru Java (J2SE) serta memperbaharui 
API Java di situs resminya.</p>
<p>Ada tiga edisi API Java yaitu J2SE (Standart Edition), J2EE (Enterprise Edition) dan J2ME 
(Micro Edition). J2SE sendiri mempunyai banyak versi. Versi terbaru J2SE adalah J2SE 7.0 (J2SE1.7). 
Pengembang Java merilis setiap versi J2SE dengan Java Development Kit (JDK). Untuk Java Development 
Kit dari J2SE 7.0 adalah JDK 7.0.</p>
</body>
</html>

Berikut ini adalah tampilan skrip HTML saat dibuka di browser.

Setiap bahasa pemrograman mempunyai sintak penulisannya sendiri. Apabila Anda mengabaikan aturan tersebut, komputer tidak bisa mengenali dan mengerti kode program yang ditulis. Spesifikasi bahasa Java adalah definisi teknis bahasa Java yang memuat sintak dan semantik. Spesifikasi bahasa Java dan API (Application Program Interface) Java menetapkan standar tersebut.

API Java memuat kelas (class) dan interfes (interface) yang digunakan untuk membuat dan mengembangkan program Java. Spesifikasi bahasa Java relatif tidak berubah, tetapi API Java akan terus mengalami perkembangan. Anda dapat mengunduh versi terbaru Java (J2SE) serta memperbaharui API Java di situs resminya.

Ada tiga edisi API Java yaitu J2SE (Standart Edition), J2EE (Enterprise Edition) dan J2ME (Micro Edition). J2SE sendiri mempunyai banyak versi. Versi terbaru J2SE adalah J2SE 7.0 (J2SE1.7). Pengembang Java merilis setiap versi J2SE dengan Java Development Kit (JDK). Untuk Java Development Kit dari J2SE 7.0 adalah JDK 7.0.

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.