Pin It

Sebuah artikel atau tulisan dapat memiliki banyak akronim (acronym). Tidak semua akronim di suatu artikel disertai dengan kepanjangan dari akronim tersebut. Hal ini banyak ditemui terutama untuk artikel yang diunggah (upload) di internet. Ini juga tidak berarti bahwa penulis artikel sengaja membuat bingung pembaca dengan akronim-akronim yang ada, melainkan hanya untuk meringkas tulisan artikelnya. Bayangkan apabila artikel, misalnya yang bersifat ilmiah, memiliki banyak akronim bahasa latin yang disertai kepanjangannya.

Sebuah artikel yang diunggah di internet, memiliki beberapa cara untuk menyertakan kepanjangan dari akronim, misalnya melalui hyperlink atau bisa juga semacam tooltip. Untuk menampilkan kepanjangan akronim layaknya tooltip di HTML, Anda dapat menggunakan elemen abbr. Elemen abbr bukan sesuatu yang baru di HTML5 dan juga bukan sesuatu yang didefinisikan ulang (redefined). Sesunggunya, ada juga lemen HTML yang dikhususkan untuk maksud ini yaitu acronym. Elemen acronym ini umum digunakan di HTML4, namun kemudian tidak digunakan lagi di HTML5. Di HTML5, elemen abbr difungsikan sebagai elemen acronym dan juga sebagai elemen abbr itu sendiri. Berikut ini cara menggunakan elemen abbr di skrip HTML.

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
</head>
<body>
<p><abbr title="Java Development Kit">JDK</abbr> terdiri dari sekumpulan program terpisah untuk membuat, mengembangkan dan menguji program Java. Anda dapat menggunakan kompiler dan interpreter untuk mengkompilasi dan menjalankan program.</p>
</body>
</html>

Berikut ini adalah hasil tampilan skrip HTML saat dijalankan. Ketika Anda mengarahkan pointer mouse ke akronim JDK, maka kepanjangan dari akronim tersebut akan ditampilkan dalam bentuk menyerupai tooltip.

Menggunakan Elemen abbr di HTML