Banner HTML

Menggunakan Elemen abbr

Sebuah artikel atau tulisan dapat memiliki akronim. Tidak semua akronim yang ada di artikel disertai dengan kepanjangan dari akronim tersebut. Hal ini banyak ditemui terutama untuk artikel yang diunggah (upload) di internet. Ini juga tidak berarti bahwa penulis artikel sengaja membuat bingung pembaca dengan akronim-akronim yang ada, melainkan hanya untuk meringkas tulisan artikelnya. Bayangkan apabila artikel, misalnya yang bersifat ilmiah, memiliki banyak akronim bahasa latin yang disertai kepanjangannya.

Sebuah artikel yang diunggah di internet, memiliki beberapa cara untuk menyertakan kepanjangan dari akronim, misalnya melalui hyperlink atau bisa juga semacam tooltip. Untuk menampilkan kepanjangan akronim layaknya tooltip di HTML, Anda perlu menggunakan elemen abbr. Berikut ini cara menggunakan elemen abbr di skrip HTML.

<body>
<p><abbr title="Java Development Kit">JDK</abbr> terdiri dari sekumpulan program terpisah yang 
digunakan untuk membuat, mengembangkan, dan menguji program Java. Anda dapat menggunakan kompiler 
dan interpreter untuk mengkompilasi dan menjalankan program dengan mengetikkan perintah di jendela 
Command Prompt. Sebenarnya, ada begitu banyak perkakas (tool) untuk membuat, mengembangkan, dan 
menguji program Java yang menawarkan lingkungan pengembangan terintegrasi (<abbr title="Integrated 
Development Environment">IDE</abbr>) seperti JBuilder, Sun ONE, NetBeans, dan Eclipse. <abbr title="
Integrated Development Environment">IDE</abbr> perkakas tampil dalam bentuk <abbr title="Graphical 
User Interface">GUI</abbr> yang memberikan kemudahan bagi programer bahasa Java.</p>
</body>
</html>

Berikut ini adalah hasil tampilan skrip HTML saat dijalankan. Ketika Anda mengarahkan pointer mouse ke salah satu akronim, misalnya JDK, IDE atau GUI, maka kepanjangan dari akronim tersebut akan ditampilkan dalam bentuk seperti tooltip.

JDK terdiri dari sekumpulan program terpisah yang digunakan untuk membuat, mengembangkan, dan menguji program Java. Anda dapat menggunakan kompiler dan interpreter untuk mengkompilasi dan menjalankan program dengan mengetikkan perintah di jendela Command Prompt. Sebenarnya, ada begitu banyak perkakas (tool) untuk membuat, mengembangkan, dan menguji program Java yang menawarkan lingkungan pengembangan terintegrasi (IDE) seperti JBuilder, Sun ONE, NetBeans, dan Eclipse. IDE perkakas tampil dalam bentuk GUI yang memberikan kemudahan bagi programer bahasa Java.

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.