Banner Hosting

Cara Membuat Akun Email Dengan Domain Sendiri

Di jaman yang serba modern dengan teknologi informasi yang berkembang begitu cepat, siapa yang masih belum mempunyai akun email? Email adalah metode bertukar pesan secara elektronik. Dengan menggunakan email, pesan yang dikirimkan ke penerima (alamat email tujuan) akan langsung diterima dalam waktu yang relatif singkat. Untuk membuat akun email, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali. Anda dapat membuatnya secara gratis, misalnya dengan menggunakan Google Mail (Gmail), Yahoo! Mail, Outlook.com (Microsoft email) dan lain sebagainya.

Bagi yang telah memiliki domain melalui salah satu penyedia layanan hosting, Anda juga dapat membuat akun email menggunakan nama domain sendiri. Akun email dengan menggunakan nama domain sendiri merupakan fasilitas standar dari penyedia layanan hosting di mana Anda menyewa. Dengan bantuan aplikasi pengontrol website seperti cPanel, Anda dapat membuat akun email menggunakan nama domain sendiri dengan sangat mudah. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Masuk terlebih dahulu ke cPane dengan akun cPanel Anda.

membuat akun email dengan domain sendiri

Di kelompok Mail, klik Email Accounts untuk mulai membuat akun email.

membuat akun email dengan domain sendiri

Masukkan nama email (nama domain akan mengikuti nama email), password, konfirmasi password, tentukan kuota untuk email Anda (Anda dapat mengganti nilai standar atau memilih Unlimited) dan kemudan klik tombol Create Account.

membuat akun email dengan domain sendiri

Apabila semua isian telah benar dan berhasil, konfirmasi bahwa akun email Anda telah berhasil dibuat muncul dan email baru Anda akan masuk dalam akun domain yang ada di bawahnya.

membuat akun email dengan domain sendiri

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.