Password dapat diartikan sebagai kode sandi atau data otentikasi rahasia yang perlu dimasukkan ke dalam sistem guna mengontrol akses terhadap suatu sumber informasi (data). Password sangat penting karena hanya orang-orang tertentu yang mengetahui yang dapat mengakses sumber informasi rahasia tersebut. Karena peran pengamanannya, password juga diterapkan dalam membuka akun email. Setiap email yang masuk ke dalam sebuah akun email hanya dapat dibaca oleh orang-orang yang mengetahui password akun email tersebut.

Sebuah password akun email dengan domain sendiri tidak selamanya statik, sekali ditentukan passwordnya, Anda masih bisa menggantinya kapanpun apabila dirasa perlu. Ketika merasa bahwa seseorang telah mengetahui password akun email, Anda dapat sesegera mungkin menggantinya sebelum email penting atau rahasia dibaca oleh orang lain. Apabila Anda memiliki akun email dengan domain sendiri dan merasa perlu untuk mengganti password-nya, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Terlebih dahulu buka browser (peramban) Anda dan ketikkan url http://www.namadomainanda.com/webmail (misalnya http://www.termasmedia.com/webmail). Ketika jendela untuk masuk ke akun email terbuka, ketikkan alamat dan password email Anda.

Merubah password akun email domain sendiri

Klik tombol Change Password yang berada di sudut kiri bawah.

Merubah password akun email domain sendiri

Ketikkan password baru di kotak teks berlabel New Password, ulangi sekali lagi di kotak teks berlabel Password (Again) dan akhiri dengan mengklik tombol Change Password.

Merubah password akun email domain sendiri

Anda akan menerima konfirmasi bahwa perubahan password akun email telah berhasil.

Merubah password akun email domain sendiri

Baca artikel terkait lainnya: