Siapa yang belum mempunyai akun email sama sekali pada saat ini? Anda dapat membuat akun email dari salah satu penyedia email gratis seperti Gmail, Yahoo, Outlook.com (Microsoft email), Ymail atau Rocketmail. Gmail dan Yahoo masih menjadi favorit sebagai pilihan untuk membuat akun email gratis. Bagi Anda yang telah memiliki akun email sejak lama dari salah satu penyedia email gratis, mungkin tidak akan mengalami kesulitan untuk membukanya. Dengan antar muka (interface) yang menarik dan sederhana, Anda akan dengan mudah mengelola email dengan memanfaatkan fitur yang ada.

Selain dari penyedia layanan email gratis, Anda juga dapat membuat akun email menggunakan nama domain sendiri. Ketika Anda bekerja di sebuah perusahaan dan posisi jabatan menuntut adanya akun email, Anda dapat diberikan email dengan menggunakan nama domain. Sekalipun akun email yang menggunakan nama domain dapat diintegrasikan dengan aplikasi pembaca email seperti Microsoft Outlook, Anda akan merasa lebih nyaman dan lebih cepat membuka dengan salah satu aplikasi webmail seperti Horde, Roundcube atau SquirrelMail. Apabila Anda ingin membuka email dengan nama domain sendiri menggunakan salah satu aplikasi email webmail, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Buka browser (peramban) Anda dan ketikkan url http://www.namadomainanda.com/webmail (misalnya di sini adalah http://www.termasmedia.com/webmail). Ketika jendela untuk masuk ke akun email terbuka, ketikkan alamat dan password email Anda.

Membuka email domain sendiri dengan aplikasi webmail

Ada tiga pilihan aplikasi pembaca email yang dapat digunakan yaitu Horde, Rouncube dan SquirrelMail. Pilih salah satu aplikasi pembaca email yang Anda akan gunakan dan klik (di contoh ini menggunakan aplikasi pembaca email SquirrelMail karena mempunyai tampilan sederhana).

Membuka email domain sendiri dengan aplikasi webmail

Daftar email Anda akan dibuka di aplikasi email SquirrelMail dengan tampilan antar muka yang sederhana.

Membuka email domain sendiri dengan aplikasi webmail

Baca artikel terkait lainnya: