Banner Hosting

Mencegah Akses Ke Situs Dengan IP Deny Manager

Untuk pemilik situs atau orang yang mengelola situs, kemampuan untuk bisa membatasi akses pengunjung tertentu ke situs adalah keharusan. Membatasi akses ke sebuah situs adalah salah satu bagian penting dalam mengelola pengunjung situs. Suatu saat nanti, Anda mungkin perlu melakukan hal-hal semacam ini. Anda dapat melarang atau tidak mengijinkan untuk mengakses situs apabila mengetahui seseorang sedang menggunakan banyak bandwidth, memposting konten-konten jahat, memberi komentar yang tidak diinginkan dan lain sebagainya. Untuk dapat melarang akses ke sebuah situs, Anda dapat memanfaatkan alamat IP (IP address) dari pengunjung tersebut.

Anda dapat memantau semua alamat IP yang masuk ke situs Anda melalui Lastest Visitors yang ada di bagian Logs dari cPanel. Apabila ada alamat IP tertentu yang Anda curigai telah melakukan aktifitas yang tidak diinginkan, Anda dapat mencegah pengunjung dengan alamat IP tersebut untuk melakukan kunjungan berikutnya ke situs Anda. Larangan untuk mengakses situs Anda dapat dilakukan melalui dua opsi yaitu .htaccess dan IP Deny Manager. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mencegah alamat IP tertentu mengakses situs menggunakan IP Deny Manager:

Terlebih dahulu masuk ke area cPanel menggunakan akun cPanel Anda. Klik tombol IP Deny Manager yang ada di bagian Security.

Mencegah akses ke situs dengan IP Deny Manager

Masukkan alamat IP pengunjung yang ingin Anda cegah untuk mengakses situs dan kemudia tekan tombol Add.

Mencegah akses ke situs dengan IP Deny Manager

Anda akan mendapatkan pesan bahwa alamat IP pengunjung yang Anda masukkan tidak akan dapat mengakses situs Anda lagi. Klik tombol Go Back untuk kembali ke area IP Deny Manager.

Mencegah akses ke situs dengan IP Deny Manager

Alamat IP yang Anda masukkan akan ditampilkan di daftar alamat IP yang sedang dicegah untuk mengakses ke situs yang Anda kelola.

Mencegah akses ke situs dengan IP Deny Manager

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.