Untuk pemilik website atau Anda yang terjun ke dunia web sebagai web developer atau web designer, tentu sudah tidak asing dengan cPanel. cPanel adalah panel pengontrol hosting web berbasis Linux yang digunakan secara luas untuk mengelola server hosting web. cPanel menawarkan antarmuka grafis (graphical user interface | GUI) untuk mempermudah pengadministrasian situs karena memiliki banyak fitur otomatis terintegrasi untuk menyederhanakan proses pengelolaan website di server.

Ketika Anda mengakses cPanel untuk pertama kali, bahasa utama (bahasa tampilan) yang digunakan adalah bahasa Inggris. Namun ada saatnya, apabila diinginkan, Anda merubah bahasa utama ini ke bahasa lain, misalnya bahasa Indonesia. Antarmuka administrasi cPanel dilengkapi dengan dukungan untuk beberapa bahasa. Untuk merubah bahasa utama cPanel ke bahasa lain yang diinginkan, dapat dilakukan melalui Change Language yang ada di bagian Preferences. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Masuk terlebih dahulu ke cPane dengan akun cPanel Anda.

Merubah bahasa utama di cPanel

Apabila telah masuk ke antarmuka grafis cPanel, klik Change Language yang ada di bagian Preferences.

Merubah bahasa utama di cPanel

Dari laman Configure Language yang terbuka, pilih bahasa yang Anda inginkan dari kotak daftar drop-down berlabel Set language to (dalam contoh ini adalah bahasa Indonesia) dan kemudian klik tombol Change yang ada di sebelah kanan untuk mengakhiri.

Merubah bahasa utama di cPanel

Sekarang antarmuka administrasi cPanel telah menggunakan bahasa Indonesia. Apabila dikemudian hari Anda ingin kembali ke bahasa utama cpanel (bahasa Inggris), Anda dapat mengulangi langkah-langkah di atas.

Merubah bahasa utama di cPanel