Banner Hosting

Merubah Batasan Ukuran File Yang Diunggah (Upload) Di CPanel

Pernahkan Anda mengalami masalah ketika mengunggah (upload) file ke hosting cPanel? Untuk Anda yang baru menggeluti dunia web, mungkin ini akan membingungkan. Banyak pengembang atau pemilik web mengalami masalah yang sama yaitu isu terkait batasan ukuran file yang diunggah (upload). Batasan ukuran file yang dapat diunggah di PHP dapat berbeda, namun secara umum adalah 2MB. Apabila Anda sering mengunggah file dengan ukuran melebihi batasan tersebut, tentu saja error tidak dapat dihindari.

Pengaturan paling umum yang dikaitkan dengan masalah ini adalah upload_max_filesize dan post_max_size yang biasa ditemukan di file php.ini. Secara bawaan, tidak semua program berbasis PHP memiliki file ini. Content Management System (CMS) seperti Wordpress memilikinya namun Joomla tidak. Apabila Anda tidak menemukannya di root directory dari website Anda, Anda dapat membuatnya sendiri. Banyak penyedia layanan hosting membolehkan Anda membuat file ini. Apabila Anda merasa bingung membuat file php.ini dan juga ragu melakukan pengaturan di dalamnya, cara termudah adalah melalui layanan cPanel sendiri yaitu Select PHP Version. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Masuk (login) ke cPanel Anda dan di kelompok Software and Services, klik atau pilih Select PHP Version.

Merubah batasan ukuran file yang diunggah (upload) di CPanel

Di laman yang terbuka, pastikan versi PHP Anda bukan native, apabila menggunakan versi native, rubah ke versi yang bersesuaian (versi yang sama tetapi bukan native) misalnya native 5.6 rubah ke 5.6, native 5.4 rubah ke 5.4 atau native 5.3 rubah ke 5.3 dan selanjutnya klik tombol Set as current. Anda tidak akan dapat merubah pengaturan apabila masih di mode native.

Merubah batasan ukuran file yang diunggah (upload) di CPanel

Masih di laman yang sama, di area sebelah kanan, klik tautan Switch To PHP Settings.

Merubah batasan ukuran file yang diunggah (upload) di CPanel

Di laman lain yang terbuka, Anda dapat melihat nilai bawaan (default value) untuk upload_max_filesize dan post_max_size. Rubah nilai tersebut dengan mengklik nilainya, dari kotak daftar pilihan nilai yang muncul, pilih nilai yang Anda inginkan dan kemudian klik Apply.

Merubah batasan ukuran file yang diunggah (upload) di CPanel

Umumnya, nilai post_max_size lebih besar dibandingkan denga nilai upload_max_filesize. Apabila perubahan sudah sesuai keinginan, klik tombol Save di bagian bawah untuk menyimpannya.

Merubah batasan ukuran file yang diunggah (upload) di CPanel

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.