Banner Hosting

Cara Mengkonfigurasi FileZilla Untuk Koneksi Ke Web Server

FileZilla adalah software (perangkat lunak) sumber terbuka (open source) untuk transfer file via internet dengan cepat dan aman. FileZilla merupakan FTP client yang sangat terkenal dan banyak digunakan oleh kalangan webmaster di seluruh dunia dan juga software lintas platform yang dapat diinstal di Windows, Linux maupun Max OS X. Saftware ini mendukung FTP, SMTP dan juga FTPS (FTP di SSL/TLS). Apabila Anda perhatikan, antar muka grafis (user interface) FileZilla di bagian tengah terbagi menjadi dua yaitu sebelah kiri adalah tampilan file dan folder yang ada di komputer lokal dan sebelah kanan adalah tampilan file dan folder yang ada di web server apabila sudah terkoneksi.

Mengkonfigurasi FileZilla untuk koneksi ke web server

Ketika Anda akan melakukan transfer file antara komputer lokal dan web server, koneksi antara keduanya harus dibuat. Di FileZilla, Anda dapat mengkoneksikan keduanya dengan dua cara yaitu melalui Quickconnect dan Site Manager. Menggunakan Quickconnect adalah cara yang paling mudah, Anda tinggal mengisi Host, Username, Password dan selanjutnya melakukan koneksi. Namun apabila nanti Anda ingin melakukan koneksi kembali, Anda perlu mengulangi pengisian Host, Username, Password dan kemudian melakukan koneksi. Apabila Anda sering kali melakukan transfer file, Quickconnect bukan cara yang praktis.

Site Manager di FileZilla adalah cara lain untuk membuat koneksi ke web server. Cara ini bermanfaat ketika Anda memiliki lebih dari satu koneksi ke web server berbeda. Masing-masing koneksi ke web server dikonfigurasi dan hasil konfigurasinya disimpan di Site Manager. Ketika Anda ingin terkoneksi kembali ke web server, Anda tinggal menggunakan konfigurasi yang tersimpan di web server. Melalui Site Manager, Anda juga memiliki opsi untuk merubah tipe koneksi yang tidak terdapat di Quickconnect. Berikut ini adalah cara mengkonfigurasi FileZilla untuk terkoneksi ke web server melalui Site Manager:

Untuk menkonfigurasi FileZilla untuk koneksi ke web server, jalankan terlebih dahulu aplikasi FileZilla, klik menu File dan kemudian pilih Site Manager...

Mengkonfigurasi FileZilla untuk koneksi ke web server

Di kotak dialog Site Manager yang muncul, klik New Site untuk memasukkan informasi web server Anda (1). Beri nama koneksi ke web server atau bisa juga nama web servernya saja atau nama apapun yang lebih menggambarkan (2), bila Anda merasa kesulitan dalam merubah nama koneksi, klik tombol Rename. Isi informasi mengenai web server ke mana nantinya Anda akan terkoneksi (3) dengan rincian sebagai berikut:

Host :  Nama domain Anda
Port :  21
Protocol :  FTP - File Transfer Protocol
Encrytion :  Only use FTP (insecure)
Logon Type :  Normal
User :  User name cPanel Anda
Password :  Password cPanel Anda

Selanjutnya klik tombol Connect untuk terhubung ke web server. Apabila tidak ada kesaalahan, Anda akan terhubung ke web server dan sekaligus informasi web server yang Anda telah masukkan juga akan disimpan di Site Manager. Apabila Anda kemudian ingin melakukan koneksi ulang, Anda tinggal menggunakan nama yang Anda berikan sebelumnya (2).

Mengkonfigurasi FileZilla untuk koneksi ke web server

Apabila Anda memiliki lebih dari satu web server, koneksi ke masing-masing web server dapat dibuat seperti langkah di atas. Ketika suatu saat Anda ingin melakukan koneksi ulang ke web server, Anda tinggal mengklik anak panah yang terletak di samping kanan tombol Open the Site Manager dan kemudian memilih koneksi ke web server yang diinginkan.

Mengkonfigurasi FileZilla untuk koneksi ke web server

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.