Apakah Anda mempunyai blog atau website yang dibuat menggunakan Content Management System (CMS) seperti Joomla, Wordpress atau CMS lainnya? Joomla, Wordpress dan beberapa yang lain adalah CMS sumber terbuka dimana kode sumbernya dapat diunduh gratis, dipelajari dan bahkan dikembangkan. Kelemahan CMS sumber terbuka adalah rentan terhadap serangan hacker, terlebih lagi bila administrator tidak memberikan perhatian pada masalah kemanan (security). Itulah sebabnya, CMS sumber terbuka seperti Joomla sering mendapatkan update rutin terkait keamanan.

Melakukan backup secara rutin untuk blog atau website CMS sumber terbuka sangat dianjurkan. Pengembang Joomla sendiri selalu menganjurkan untuk melakukan backup terlebih dahulu sebelum melakukan update dan ini juga berlaku untuk CMS lain. Backup digunakan untuk memulihkan blog atau website apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan misalnya rusak karena ulah hacker yang berhasil menembus keamanan web atau adanya kegagalan update. Resiko website rusak juga bisa terjadi ketika memasang (install) ekstensi yang tidak dapat berjalan mestinya (malfungsi).

Melakukan backup manual memang menyita waktu bila koneksi internet sangat lambat dan ukuran file blog atau website beserta basis datanya besar. Anda tidak bisa mempercayakan sepenuhnya backup pada penyedia layanan web hosting. Bila Anda tidak ingin tersita waktu ketika melakukan backup, Anda dapat menyerahkan sepenuhnya pada program auto installer Softaculous. Softaculous sudah ada di layanan web hosting cPanel dan dapat melakukan backup otomatis untuk aplikasi atau skrip yang diinstal menggunakan program ini.

Lalu, bagaimana untuk aplikasi atau skrip yang tidak diinstal dengan Softaculous? Anda perlu menambahkan dahulu aplikasi atau skrip tersebut ke Softaculous secara manual. Meskipun pada dasarnya Softaculous adalah program untuk menginstal aplikasi atau skrip sumber terbuka, Softaculous juga dilengkapi fitur backup yang bagus. Anda dapat melakukan backup menggunakan Softaculous secara manual atau secara otomatis. Bila tidak ingin waktu tersita, melakukan backup otomatis menggunakan Softaculous dapat menjadi pilihan. Berikut ini adalah cara mengatur pencadangan (backup) otomatis menggunakan Softaculous:

Masuk terlebih dahulu ke akun cPanel. Di kelompok Software and Services, klik atau pilih Softaculous.

Mengatur pencadangan (backup) otomatis dengan softaculous

Di laman Top Scripts dari Softaculous yang muncul, di bagian kanan atas, klik tombol All installations.

Mengatur pencadangan (backup) otomatis dengan softaculous

Anda akan dibawa ke laman Script Installations dari Softaculous, tentukan website atau blog yang akan dicadangkan (backup) secara otomatis dan kemudian klik ikon pensil (Edit Details).

Mengatur pencadangan (backup) otomatis dengan softaculous

Di laman Edit Instalation Details yang muncul, di bagian Instalation Details, pilih nilai untuk Automated backups dan Backup Rotation dari kotak daftar tarik turun (drop-down box). Di contoh ini, Automated backups diberi nilai Once a week dan Backup Rotation diberi nilai 4. Automated backups menentukan seberapa sering backup dilakukan. Nilai Once a week berarti bahwa backup dilakukan seminggu sekali.

Backup Rotation menentukan berapa banyak hasil backup yang tetap tersimpan di web server. Nilai 4 berarti bahwa backup yang tersimpan di web server berjumlah 4. Apabila Softaculous melakukan backup yang ke lima, backup yang pertama akan dihapus dan begitu seterusnya. Dalam menentukan nilai Backup Rotation, Anda harus mempertimbangkan kapasitas penyimpanan dari web server Anda. Klik tombol Save Instalation Details untuk menyimpan perubahan.

Mengatur pencadangan (backup) otomatis dengan softaculous