Banner Hosting

Beberapa Cara Melihat Pemakaian Bandwidth Di cPanel

Content Management System (CMS) seperti Joomla, Wordpress, Drupal, Magento dan beberapa yang lain adalah aplikasi web untuk membuat website dinamis dengan cepat dan mudah. Kerena kemudahannya ini, banyak orang awam yang tidak memiliki latar belakang pendidikan ilmu komputer dapat menguasai aplikasi web ini dengan cepat dan menggunakannya untuk membuat website. Tidak dapat dipungkiri, pertumbuhan jumlah website di Indonesia dan bahkan di dunia yang terus mengalami peningkatan salah satunya karena adanya aplikasi web ini.

Umumnya, pembuatan website baru dilakukan di localhost. Apabila website sudah siap online, baru dipindahkan ke hosting untuk bisa diakses dari seluruh dunia. Layanan hosting untuk website yang akan online dapat diperoleh dari penyedia layanan hosting web. Dua hal penting yang perlu diperhatikan ketika website Anda online yaitu ketersediaan bandwidth dan storage space (ruang penyimpanan). Anda masih bisa mengontrol ruang penyimpanan dengan menghapus atau merubah konten, namun untuk bandwidth membutuhkan perhitungan cermat. Apabila Anda salah perhitungan dan bandwidth habis, website Anda tidak dapat diakses untuk mementara waktu sampai menunggu awal bulan berikutnya.

Beberapa pengguna bandwidth diantaranya adalah akses ke website Anda, email masuk dan keluar serta upload dan download. Terkait bandwidth, sebenarnya Anda dapat memperkirakan kebutuhan untuk website Anda. Dengan mengabaikan email masuk dan keluar serta upload dan download, Anda dapat memperkirakan kebutuhan bandwidth dengan mengalikan rata-rata ukuran halaman website, nilai rata-rata jumlah pengunjung setiap bulan dan nilai rata-rata tampilan halaman (pageviews) setiap pengunjung. Perhitungan ini memberikan gambaran bandwidth yang perlukan ditambah perkiraan bandwidth untuk email masuk dan keluar serta upload dan download.

Untuk Anda yang baru pertama kali meluncurkan website, menghitung kebutuhan bandwidth tentu menjadi kerumitan tersendiri. Salah satu cara paling mudah untuk mengetahui jumlah bandwidth yang diperlukan adalah dengan memantau aktifitas website Anda. Secara teratur Anda dapat melihat pemakaian bandwidth melalui cPanel. Anda dapat memantau selama beberapa bulan ke depan sampai akhirnya dapat menentukan kebutuhan bandwidth yang sebenarnya dan kemudian menyesuaikan kembali paket web hosting yang digunakan. Di cPanel, Anda dapat melihat pemakaian bandwidth dengan beberapa cara sebagai berikut:

1.   Melalui Stats cPanel.

Masuk terlebih dahulu ke akun cPanel hosting Anda, di area Stats sebelah kiri, Anda dapat melihat pemakaian bandwidth untuk bulan yang sedang berjalan.

Cara memeriksa pemakaian bandwidth di cPanel

2.   Melalui Bandwidth di bagian Logs.

Masuk terlebih dahulu ke akun cPanel hosting Anda, di bagian Logs, klik atau pilih Bandwidth.

Cara memeriksa pemakaian bandwidth di cPanel

Di laman yang muncul, gulung ke bawah. Anda dapat melihat ringkasan pemakaian bandwidth untuk masing-masing bulan. Untuk melihat pemakaian bandwidth yang lebih rinci, pilih ringkasan pemakaian bandwidth untuk salah satu bulan (dalam contoh ini adalah bulan yang sedang berjalan) dan kemudian klik link (tautan) Total (all services).

Cara memeriksa pemakaian bandwidth di cPanel

Rincian pemakaian bandwidth untuk bulan yang dipilih ditampilkan. Anda dapat melihat tampilan pemakaian bandwidth per hari secara grafik maupun dalam bentuk tabel.

Cara memeriksa pemakaian bandwidth di cPanel

3.   Melalui AWStats di bagian Logs.

Masuk terlebih dahulu ke akun cPanel hosting Anda, di bagian Logs, klik atau pilih AWStats.

Cara memeriksa pemakaian bandwidth di cPanel

Di bagian atas AWStats, Anda dapat melihat pemakaian bandwidth untuk trafik terlihat (viewed traffic) dan trafik tidak terlihat (not viewed traffic). Trafik tidak terlihat ini dapat berupa perayapan oleh robot-robot yaitu program yang digunalan oleh mesin pencari.

Cara memeriksa pemakaian bandwidth di cPanel

Apabila Anda menggulung laman lebih jauh ke bawah, Anda dapat memeriksa tipe file apa saja yang sedang diakses. Di sini Anda mendapatkan gambaran tipe file yang mendominasi dalam pemakaian bandwidth.

Cara memeriksa pemakaian bandwidth di cPanel

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.