Banner Hosting

Beberapa Cara Melihat Pemakaian Disk Space Di cPanel

Untuk Anda yang berencana meluncurkan website baru, tentunya akan mencari layanan hosting web. Dua hal utama dari layanan web hosting yang diperlukan ketika akan menjadikan website online adalah disk space dan bandwidth. Disk space menjadi tempat meletakkan semua file yang terkait dengan website. Disk space yang juga dikenal dengan storage space atau web space adalah jumlah ruang penyimpanan di web server yang disediakan oleh penyedia layanan hosting web (web hosting provider) untuk pemilik website (website owner). Disk space yang dipakai adalah jumlah total dari semua file text, gambar, file audio, skrip, database, email dan file-file lainnya yang terkait dengan website.

Disk space umumnya diukur dalam bytes, kilobytes (1000 bytes), megabytes (1000 kilobytes) dan gigabytes (1000 megabytes). Karena disk space adalah salah satu sumber daya hosting web yang murah, maka ditawarkan dalam ukuran megabytes (MB) atau gigabytes (GB). Penyedia layanan hosting web biasanya sudah meyediakan paket-paket layanan hosting web dan pemilik website tinggal memilih paket mana yang diinginkan. Masing-masing paket memiliki ukuran disk space dan bandwidth yang berbeda demikian juga dengan fitur dan opsi yang ada di paket tersebut. Semakin tinggi paket yang dipilih, semakin besar pula ukuran disk space dan bandwidth yang didapat. Terkadang, mulai dari paket tertentu, Anda bisa mendapatkan bandwidth yang unlimited.

Website yang dikelola dengan baik akan terus tumbuh besar dan tentunya diikuti kebutuhan disk space dan bandwidth yang semakin meningkat pula. Kebutuhan disk space dapat diketahui dengan cara memantau perkembangan website dan melihat secara berkala penggunaan disk space (disk space usage) di cpanel. Dengan mengetahui perkembangan kebutuhan disk space, Anda dapat menentukan kebutuhan disk space selanjutnya dengan meng-upgrade paket hosting web ke yang lebih tinggi atau cukup dengan menambah disk space saja. Berikut ini adalah beberapa cara melihat penggunaan disk space di cPanel:

1. Melalui area Stats cPanel

Masuk terlebih dahulu ke akun cPanel hosting Anda, di area Stats sebelah kiri, Anda dapat melihat pemakaian bandwidth untuk bulan yang sedang berjalan.

Cara melihat pemakaian disk space di cPanel

2. Melalui Disk Space Usage di bagian Files.

Masuk terlebih dahulu ke akun cPanel hosting Anda, di bagian Files, klik atau pilih Disk Space Usage.

Cara melihat pemakaian disk space di cPanel

Di bagian atas, Anda akan mendapati grafik batang (bar graph) yang menunjukkan pemakaian disk space relatif untuk direktori terbesar, tidak menurut skala tetap (fixed scale).

Cara melihat pemakaian disk space di cPanel

Menggulung ke bawah, Anda akan mendapati pemakaian disk space oleh file atau direktori di bawah direktori Home (Home directory). Anda juga dapat mengklik tanda + (plus sign) dari direktori untuk melihat lebih rinci pemakaian disk space oleh file atau sub direktori dari direktori tersebut.

Cara melihat pemakaian disk space di cPanel

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.