.htaccess adalah file konfigurasi dari web server yang menjalankan software Apache Web Server. .htaccess merupakan file teks yang tersembunyi dan untuk menampilkannya perlu mengaktifkan fitur Show Hidden Files. Ketika file .htaccess ditempatkan dalam sebuah direktori yang pada gilirannya dimuat melalui Apache Web Server, maka file ini akan terdeteksi dan dieksekusi oleh software Apache Web Server. File .htaccess dapat digunakan untuk merubah konfigurasi software Apache Web Server untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fungsionalitas dan fitur-fitur yang ditawarkannya.

.htaccess bukanlah sebuah ekstensi file. Seperti yang Anda ketahui bahwa ekstensi sebuah file pastinya diawali dengan tanda titik (.) seperti .docx, .txt, .java .php, .html dan lain sebagainya. .htaccess secara utuh adalah nama file. Aplikasi web seperti Content Manajement System (CMS) Joomla memiliki file ini. Di Joomla, file ini awalnya adalah htaccess.txt. Namun untuk mengoptimalkan SEO (Search Engine Optimization) Joomla, dalam pengaturannya, file ini perlu dirubah dari htaccess.txt menjadi .htaccess.

Penempatan file .htaccess umumnya berada di direktori akar (root directory) seperti www, htdocs atau public_html. File ini akan berpengaruh terhadap keseluruhan direktori dimana file ini berada dan juga semua file atau sub direktori di dalam direktori yang ditentukan. Ada banyak fungsi yang ditawarkan oleh file .htaccess seperti password protection, deny visitors, preventing access to php.ini, preventing requests with invalid characters, changing server signature dan lain sebagainya. Satu lagi tawaran fungsi yang menjadi bahasan di artikel ini adalah pengaturan zona waktu server (setting server timezone).

Server mempunyai pengaturan waktu yang spesifik. Waktu server biasanya didasarkan pada lokasi fisik server. Apabila datacenter berada di luar negeri misalnya Singapore, server sangat mungkin akan diatur ke waktu Asia/Singapore. Apabila website Anda menggunakan server Singapore sedangkan website ditujukan untuk visitor di Indonesia (website berbahasa Indonesia), tentu waktu server menjadi kurang akurat apabila ditampilkan di bagian website. Tentu ini adalah hal yang ingin Anda hindari apabila memang demikian.

Anda dapat menggunakan file .htaccess untuk merubah zona waktu standar dan menampilkan waktu yang tepat dengan menggunakan zona waktu lokal (local timezone). Apabila Anda memastikan tidak mempunyai file .htaccess, Anda dapat membuatnya menggunakan text editor dan meletakkannya ke dalam direktori yang Anda inginkan (tidak harus di root directory). Sebenarnya merubah zona waktu server dapat dilakukan melalui file php.ini, namun untuk shared hosting, akses ke file php.ini dibatasi. Berikut ini adalah cara merubah zona waktu standar server melalui file .htaccess:

Masuk terlebih dahulu ke akun cPanel Anda dan di kelompok Files, klik atau pilih File Manager.

Merubah zona waktu (timezone) standar melalui .htaccess

Kotak dialog File Manager Direktori Selection muncul, untuk memastikan agar file .htaccess ditampilkan (tidak disembunyikan), beri tanda centang di kotak centang berlabel Show Hidden Files (dotfiles) (1) dan kemudian klik tombol Go (2).

Merubah zona waktu (timezone) standar melalui .htaccess

Laman File Manager muncul dengan menampilkan file dan folder dari root directory web. Cari file .htaccess dan kemudian klik untuk menyeleksi atau menyorotnya (1) dan kemudian klik tombol Code Editor yang terletak di atasnya (2). File .htaccess dibuka untuk diedit. Untuk sementara tinggalkan sejenak file tersebut.

Merubah zona waktu (timezone) standar melalui .htaccess

Sekarang waktunya Anda menentukan zona waktu yang ingin digunakan. Apabila Anda tidak yakin dengan nama atau format zona waktu yang ingin digunakan, Anda dapat memeriksanya di sini. Di artikel ini, penulis akan menggunakan zona waktu Asia.

Merubah zona waktu (timezone) standar melalui .htaccess

Selanjutnya Anda dapat memilih zona waktu Asia mana yang ingin digunakan. Di artikel ini, penulis akan menggunakan zona waktu Asia/Jakarta

Merubah zona waktu (timezone) standar melalui .htaccess

Untuk mulai merubah zona waktu standar server, tambahkan kode di bawah ini di bagian paling atas dari file .htaccess. Anda dapat memperhatikan screenshot yang ada di bawaahnya. Untuk mengakhiri, klik tombol Save dan kemudian tombol Close untuk menyimpan dan mengakhiri proses perubahan.

# Merubah zona waktu standar
SetEnv TZ Asia/Jakarta

Merubah zona waktu (timezone) standar melalui .htaccess