Pin It

.htaccess adalah file konfigurasi dari web server yang menjalankan perangkat lunak Apache Web server dan umumnya terletak di direktori akar (root directory) dimana file dan folder website atau blog Anda berada. File .htaccess dapat digunakan untuk merubah konfigurasi perangkat lunak Apache Web Server untuk mengaktikan atau menonaktifkan fungsionalitas dan fitur-fitur yang ditawarkan. .htaccess bukanlah ekstensi file hanya karena adanya titik (.) di awal, melainkan nama file secara utuh (baca artikel Cara Merubah Zona Waktu (Timezone) Standar Server Melalui File .htaccess).

Ada banyak fungsi yang ditawarkan oleh file .htaccess seperti password protection, deny visitors by IP address or referrer, prevent access to php.ini, preventing requests with invalid characters, changing server signature, setting server timezone dan lain sebagainya. Satu lagi tawaran fungsi yang menjadi bahasan di artikel kali ini adalah redirects dengan penekanan pada pengoptimalan SEO melalui pengarahan URL dari non-www ke www atau sebaliknya (301 redirect).

Seperti yang Anda ketahui, pengembangan web (web development) mempunyai banyak nuansa yang perlu dipelajari sepanjang waktu. Bagi Anda pengembang web, salah satu nuansa yang akan dihadapi adalah keberadaan url non-www dan www yang mengarah pada website atau blog yang sama. Mesin telusur seperti Google akan melihat website non-www (topikit.com) dan website www (www.topikit.com) sebagai website yang berbeda. Apabila keduanya mengarah pada satu konten, akan dianggap sebagai duplikasi konten. Jadi secara teknis keduanya adalah berbeda dan apabila dibiarkan akan memberi dampak buruk pada SEO website atau blog Anda.

Anda perlu melakukan 301 redirect (permanent redirect) untuk mengatasi ini dengan memilih untuk mengarahkan dari non-www ke www atau sebaliknya. Pilihan pengarahan manapun, apakah dari non-www ke www atau sebaliknya dari www ke non-www adalah sama saja yang terpenting adalah kekonsistenan. Itu hanya terkait pada pilihan gaya yang setiap orang mempunyai preferensinya. Namun sebagai pertimbangan saja, banyak website besar seperti Google, Yahoo, Facebook atau YouTube memilih untuk mengarahkan ke www. Anda mungkin menyertakan www. ketika menuliskan sebuah alamat website. Anda mungkin juga mengatakan "www dot" ketika menyebutkan nama sebuah website ke seseorang.

Untuk melakukan 301 redirect atau permanent redirect, Anda dapat menggunakan file .htaccess. Di aplikasi web seperti CMS Joomla, untuk mengoptimalkan SEO, file yang awalnya htaccess.txt perlu dirubah (rename) menjadi .htaccess. Di Joomla, file ini terletak di root directory seperti www, htdocs atau public_html. Apabila Anda telah memeriksa file dan folder website atau blog dan tidak menemukan nama file ini, Anda dapat membuatnya menggunakan plain text editor dan mengunggahnya (upload) ke directory dari file website atau blog Anda. Pilih atau salin salah kode di bawah ini dan letakkan langsung setelah baris "RewriteEngine On". Anda perlu merubah terlebih dahulu domainanda dengan nama domain Anda sendiri.

Kode untuk mengarahkan dari non-www ke www:

RewriteCond %{HTTP_HOST} ^domainanda\.com$ [NC]
RewriteRule ^(.*)$ http://www.domainanda.com/$1 [R=301,L]

Kode untuk mengarahkan dari www ke non-www:

RewriteCond %{HTTP_HOST} ^www\.domainanda\.com$ [NC]
RewriteRule ^(.*)$ http://domainanda.com/$1 [R=301,L]

Masuk terlebih dahulu ke akun cPanel Anda dan di kelompok Files, klik atau pilih File Manager.

Mengarahkan (redirect) url dari non-www ke www atau sebaliknya menggunakan file .htaccess (301 redirect)

Kotak dialog File Manager Direktori Selection muncul, untuk memastikan agar file .htaccess ditampilkan (tidak disembunyikan), beri tanda centang di kotak centang berlabel Show Hidden Files (dotfiles) (1) dan kemudian klik tombol Go (2).

Mengarahkan (redirect) url dari non-www ke www atau sebaliknya menggunakan file .htaccess (301 redirect)

Laman File Manager muncul dengan menampilkan file dan folder dari root directory web. Cari file .htaccess dan kemudian klik untuk menyeleksi atau menyorotnya (1) dan kemudian klik tombol Code Editor yang terletak di atasnya (2). File .htaccess terbuka dan diap untuk diedit.

Mengarahkan (redirect) url dari non-www ke www atau sebaliknya menggunakan file .htaccess (301 redirect)

Letakkan kode yang sudah Anda pilih atau salin sebelumnya tepat setelah baris "RewriteEngine On". Untuk menyimpan dan mengakhiri, klik tombol Save dan kemudian tombol Close yang ada di sudut kanan atas.

Mengarahkan (redirect) url dari non-www ke www atau sebaliknya menggunakan file .htaccess (301 redirect)