Jika Anda pemilik website, salah satu keinginan pasti yang muncul adalah harapan banyaknya pengunjung (visitor) ke website Anda. Banyak orang menerapkan berbagai teknik SEO untuk mendatangkan pengunjung ke website yang dimiliki. Tidak sedikit yang terjerumus dengan menerapkan teknik SEO yang salah, mengharapkan hasil yang instan. Hal ini justru berakibat buruk pada website yang dioptimasi, terkena pinalti mesin pencari dan akhirnya hilang dari pencarian. Optimasi website bukan proses yang instan lalu selesai, tetapi proses yang bertahap dan berkelanjutan.

Anda mungkin akan sangat sering melihat perkembangan pengunjung website melalui statistik (stats). Mungkin banyak diantara Anda atau pemilik website lain akan memilih untuk menggunakan Google Analytics. Google Analytic sudah dianggap sebagai standar untuk statistik dan analisis website. Sudah dapat dipastikan siapapun yang memiliki website akan mengintegrasikan ke produk Google yang satu ini. Namun Google Analytics bukan satu-satunya opsi untuk melihat statistik pengunjung. Ada beberapa cara berbeda yang bisa dijadikan opsi lain untuk melihat statistik pengunjung website Anda.

Apabila website Anda dibangun menggunakan Content Management System (CMS) seperti Joomla, Wordpress atau yang lainnya, Anda dapat menambahkan ekstensi statistik pengunjung dari masing-masing CMS tersebut. Namun demikian, penggunaan ekstensi secara berlebihan pada website yang dibangun menggunakan CMS akan membuat beban muat laman menjadi lebih berat dan waktu muatnya juga menjadi lebih lama. Ini justeru merupakan kebalikan dari proses optimasi website dimana seharusnya Anda membuat beban muat laman menjadi ringan dan waktu muatnya menjadi cepat. Waktu muat laman menjadi salah satu faktor yang diperhitungkan dalam pemeringkatan website.

Satu lagi cara melihat statistik pengunjung website selain melalui Google Analytics atau dengan bantuan ekstensi CMS adalah dengan menggunakan tool di cPanel. cPanel memiliki beberapa build-in tool yang memberikan informasi statistik terkait sebuah website, salah satunya adalah AWStats. Anda dapat menggunakan AWStats untuk mengetahui grafik dan tabel pengunjung baik secara harian, mingguan maupun bulanan, asal negara pengunjung website, sistem operasi yang digunakan, browser (peramban) yang digunakan dan lain sebagainya. Dengan tool AWStats, Anda sudah bisa mendapatkan banyak informasi terkait dengan pengunjung website Anda.

Masuk (login) terlebih dahulu ke akun cPanel Anda dan kelompok Logs, pilih atau klik AWStats.

Melihat statistik pengunjung website melalui cPanel

Pilih nama domain yang akan dilihat statistik pengunjungnya dan kemudian klik tombol dengan ikon berupa magnifying glass yang ada di kolom View.

Melihat statistik pengunjung website melalui cPanel

Sekarang Anda dapat melihat berbagai statistik kunjungan ke website Anda. Di artikel ini, diberikan beberapa contoh screenshoot statistik seperti statistik pengunjung, statistik negara asal pengunjung, statistik sistem operasi yang digunakan dan statistik browser (peramban) yang digunakan.

1. Statistik pengunjung.

Melihat statistik pengunjung website melalui cPanel

2. Statistik negara asal pengunjung.

Melihat statistik pengunjung website melalui cPanel

3. Statistik sistem operasi yang digunakan.

Melihat statistik pengunjung website melalui cPanel

4. Statistik browser (peramban) yang digunakan.

Melihat statistik pengunjung website melalui cPanel

Baca artikel terkait lainnya: