Apabila Anda mempunyai blog atau website yang dikelola sendiri, Anda akan sering kali mengakses cPanel atau webmail. cPanel dan webmail adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan ketika dikaitkan dengan blog atau website. Dengan cPanel Anda diberi kemudahan dalam mengelola blog atau website melalui antar muka grafis berbasis web (web based interface). Dengan webmail, Anda dapat mengirim atau menerima pesan melalui web browser. Mengakses keduanya secara normal membutuhkan beberapa langkah. Anda perlu menjalankan web browser terlebih dahulu dan kemudian mengetikkan url untuk mengakses laman cPanel atau webmail.

Langkah yang diperlukan juga tidak berbeda apabila menggunakan bookmark. Anda perlu menjalankan web browser terlebih dahulu dan kemudian mengklik bookmark untuk laman cPanel atau webmail. Sebenarnya ada cara lebih praktis dari itu semua yaitu dengan membuat pintasan dekstop (dekstop shortcut) untuk cPanel dan webmail. Shortcut merupakan pintasan (akses cepat) ke file, folder atau aplikasi. Shortcut dekstop biasanya berupa ikon (icon) atau gambar kecil di dekstop komputer. Ikon untuk shortcut ke cPanel atau webmail akan diwakili oleh ikon dari browser standar (default browser).

Apabila shortcut sudah selesai dibuat, Anda tinggal mengklik ganda shortcut tersebut untuk mengakses cPanel atau webmail. Web browser secara otomatis dijalankan dan langsung mengakses laman cPanel atau webmail. Membuat pintasan dekstop untuk cPanel dan webmail bukan sesuatu yang sulit. cPanel telah menyediakan fitur untuk maksud ini. Di contoh kali ini akan menggunakan browser Google Chrome untuk masuk ke cPanel dan membuat pintasan dekstop untuk cPanel dan webmail. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Masuk terlebih dahulu ke akun cPanel Anda, di kelompok Preferences, klik tombol (ikon) Shortcuts.

Membuat pintasan desktop (desktop shortcut) untuk cPanel dan webmail

Di laman Access cPanel Shortcuts yang muncul ada dapat melihat dua buah link (tautan). Link pertama, Access cPanel, digunakan untuk membuat pintasan dekstop (dekstop shortcut) ke cPanel dan link kedua, Access cPanel Webmail, digunakan untuk membuat pintasan dekstop ke webmail.

Membuat pintasan desktop (desktop shortcut) untuk cPanel dan webmail

Untuk membuat pintasan dekstop ke cPanel, drag (klik, tahan dan kemudian seret) link Access cPanel ke area dekstop komputer dan kemudian lepaskan. Pintasan dekstop ke cPanel dibuat dengan ikon web browser Google Chrome dengan label Access cPanel. Anda dapat membuat pintasan dekstop ke webmail dengan cara yang sama.

Membuat pintasan desktop (desktop shortcut) untuk cPanel dan webmail

Apabila telah selesai, Anda akan mempunyai dua pintasan dekstop tambahan. Misalnya, mengklik ganda ikon Access cPanel akan membuka laman cPanel menggunakan browser standar (apabila komputer Anda memiliki lebih dari satu browser).

Membuat pintasan desktop (desktop shortcut) untuk cPanel dan webmail