Pin It

PHP adalah bahasa skrip sumber terbuka yang paling populer untuk saat ini dan juga telah digunakan secara luas untuk pengembangan web dan dapat sisipkan ke dalam elemen HTML. PHP menjadi salah satu software yang ada di berbagai jenis web server solution stack package seperti XAMPP, WAMP, MAMP dan LAMP. PHP menjadi bahasa skrip untuk membangun aplikasi web Content Management System (CMS) terkenal saat ini seperti Joomla, Wordpress, Drupal, Magento, Mambo, Moodle dan lain sebagainya.

Ketika Anda membangun blog atau website menggunakan Joomla, Wordpress atau cms lainnya, masing-masing cms memerlukan system requirenment tertentu. Misalnya, CMS Joomla 3.7 dapat berjalan dengan tingkat keamanan dan performa terbaik bila menggunakan PHP 5.6 atau lebih baik lagi PHP 7.x, meskipun syarat minimumnya adalah PHP 5.3.10. Ketika Anda menggunakan syarat minimum, website Joomla tentap dapat berjalan namun keamanan dan performa yang tidak maksimal.

Ketika website sudah berada di hosting, hosting biasanya mempunya beberapa versi PHP alternatif yang dapat dipilih. Beberapa versi PHP alternatif ini dimaksudkan agar bisa disesuaikan dengan keperluan aplikasi web yang digunakan. Ketika website Joomla 3.7 Anda menggunakan PHP versi 5.6 ke bawah, akan muncul warning. Warning ini terkait versi PHP hosting yang digunakan. Intinya Joomla 3.7 menganjurkan untuk menggunakan versi PHP 7.x agar keamanan dan performanya dapat maksimal.

Baca artikel Cara Update Joomla Ke Versi Terkini Melalui Area Administrator (Joomla Backend).

Cara Mengganti versi PHP di cPanel

Sebenarnya Anda dapat mengabaikan ini untuk sementara waktu, namun sebaiknya Anda tidak menunda dan langsung mengganti versi PHP sesuai dengan yang disarankan. Mengganti versi PHP di cPanel bukan hal yang sulit, Anda sendiri sudah pasti bisa melakukannya. Bila Anda tidak menemukan versi PHP yang disarankan, Anda dapat menghubungi penyedia layanan hosting yang Anda gunakan. Berikut ini adalah cara mengganti versi PHP di cPanel:

Jalankan browser dan kemudian login ke cPanel. Di laman cPanel yang muncul, di bagian Software, klik tombol Select PHP version.

Cara Mengganti versi PHP di cPanel

Anda akan dibawa ke laman PHP Selector | extensions. Di laman ini, Anda dapat melihat versi PHP yang sedang digunakan. Nampak bahwa versi PHP saat ini adalah PHP 5.6.

Cara Mengganti versi PHP di cPanel

Dari kotak daftar tarik turun (combo box) PHP Version, pilih versi PHP yang diinginkan, misalnya PHP 7.1 (1) dan kemudian klik tombol Set as current (2). Sekarang Anda sudah menggunakan PHP 7.1.

Cara Mengganti versi PHP di cPanel

Untuk menghilangkan pesan peringatan (warning) yang muncul di area Administrator (panel admin) Joomla, refresh laman tersebut. Sekarang Anda dapat memperhatikan bahwa pesan peringatan (warning) telah hilang.

Cara Mengganti versi PHP di cPanel