Untuk Anda yang sudah menggeluti dunia blogging atau Anda yang pekerjaannya bersinggungan dengan website atau e-commerce pasti tidak akan asing dengan cPanel. cPanel merupakan panel pengontrol online berbasis Linux untuk mengelola website dan akun email. Meskipun sebenarnya banyak panel pengontrol lain sebagai alternatif cPanel seperti VestaCP, ZPanel, Froxlor, Kloxo dan lain sebagainya, cPanel tetap menjadi yang terpopuler, paling banyak digunakan dan juga paling powerfull.

Anda tentu tidak mengalami banyak kesulitan dalam menggunakan cPanel. cPanel memiliki antar muka grafis (graphical interface) dan tool otomasi yang didesain untuk mempermudah proses pengelolaan website. Bila Anda sudah terbiasa mengelola file dan folder dengan antarmuka grafis sistem operasi Microsoft Windows, Anda tidak akan menemui kesulitan untuk mengoperasikan antarmuka cPanel, kurang lebih sama. cPanel memiliki banyak fitur terkait file, database, domain, email, security dan lain sebagainya. Fitur terkait file yang mungkin sering Anda gunakan adalah file manager (pengelolaan file).

Lalu hal-hal apa yang bisa Anda lakukan di cPanel terkait dengan pengelolaan file? Ada banyak. Anda bisa membuat file atau folder baru, menyalin, memindahkan, mengunggah (upload), mengunduh (download), menghapus, memberi nama ulang file, mengedit, mengekstrak, mengkompresi dan lain sebagainya. Sebagian besar yang dapat Anda lakukan di cPanel, juga dapat Anda lakukan di File Explorer Windows. Namun, dua hal ini tidak dapat Anda lakukan di File Explorer Windows yaitu mengunggah dan mengunduh file. Berikut ini adalah cara mengunggah (upload) dan mengunduh (download) file menggunakan cPanel:

Jalankan browser, buka dan login untuk masuk ke cPanel. Di laman cPanel yang muncul, di bagian Files, klik tombol File Manager.

Cara upload dan download file menggunakan cpanel

1. Mengunggah (upload) file.

Di laman File Manager yang terbuka di tab baru browser, navigasi ke direktori dimana Anda ingin mengunggah (upload) file, misalnya direktori Images (1) dan kemudian klik tombol Upload (2).

Cara upload dan download file menggunakan cpanel

Di laman File Upload yang muncul di tab baru browser, beri tanda centang di kotak centang (check box) Overwrite existing files bila Anda ingin menimpa file dengan nama sama yang mungkin ada di direktori tersebut (1) dan kemudian klik tombol Select File (2).

Cara upload dan download file menggunakan cpanel

Di kotak dialog Open yang muncul, navigasi ke direktori tempat file yang akan diunggah berada, pilih file yang akan diunggah (1) dan kemudian klik tombol Open (2).

Cara upload dan download file menggunakan cpanel

Kembali ke laman File Upload, Anda dapat memperhatikan file langsung diunggah (upload) di direktori Images. Bila Anda tidak melihat file tersebut di direktori Images, refresh atau reload laman tersebut.

Cara upload dan download file menggunakan cpanel

2. Mengunduh (download) file.

Di laman File Manager yang terbuka di tab baru browser, navigasi ke direktori dimana file yang ingin Anda unduh berada, misalnya direktori hosting (1), pilih file yang ingin diunduh (2) dan kemudian klik tombol Download (3).

Cara upload dan download file menggunakan cpanel

Di kotak Save As yangg muncul, tentukan drive atau folder termpat menyimpah file unduhan (1), nama file akan secara otomatis ditampilkan di kotak teks File name, namun Anda bisa juga merubahnya menggunakan nama lain (2) dan kemudian klik tombol Save untuk mulai mengunduh dan menyimpan (3).

Cara upload dan download file menggunakan cpanel