PHP adalah bahasa skrip sumber terbuka yang telah banyak digunakan untuk pengembangan aplikasi web. Bahasa skrip ini juga sering dipadukan dengan MySQL sebagai solusi basis datanya. Aplikasi web terkenal untuk pengelolaan konten web (CMS) seperti Joomla, Wordpress, Drupal dan lain sebagainya dikembangkan menggunakan bahasa PHP dan basis data MySQL.

Salah satu masalah umum yang banyak ditemukan pada aplikasi-aplikasi web berbasis PHP adalah ukuran file unggah (upload) maksimum (maximum upload file size). Ukuran file unggah ini terkait dengan pengaturan "upload_max_filesize" dan "post_max_size" yang ada di file php.ini. Ketika Anda mengunggah file yang ukurannya melebihi maksimum yang diperbolehkan, maka akan muncul pesan error.

Tergantung dari layanan hosting yang diambil dan juga paket yang dipilih, ukuran file unggah maksimum sebenarnya telah ditetapkan. Umumnya, ukuran file unggah maksimum untuk shared web hosting tidak lebih dari 2MB. Ini tentu akan menjadi kendala ketika mengunggah file dengan ukuran lebih besar. Di CMS Joomla sendiri, ketika Anda menginstal ekstensi dengan ukuran file lebih besar dari ukuran file unggah maksimum, maka akan muncul error.

Merubah ukuran file unggah (upload) maksimum melalui cPanel

Error pada gambar di atas jelas menyatakan bahwa ukuran unggah file PHP maksimum terlalu kecil dan ini terkait pengaturan "upload_max_filesize" dan "post_max_size" pada file php.ini. Jika CMS Joomla Anda masih menggunakan pengaturan standar, Anda juga dapat melihat peringatan (warning) yang sama. Anda dapat mengakses warning ini melalui menu Extensions dan kemudian submenu Warning.

Merubah ukuran file unggah (upload) maksimum melalui cPanel

Anda dapat mengunggah ukuran file yang lebih besar tanpa error dan menghilangkan warning yang muncul di CMS Joomla dengan merubah (meningkatkan) ukuran file unggah maksimum. Anda beberapa cara untuk merubahnya seperti melalui file php.ini yang sudah ada, membuat file php.ini bila belum ada atau melalui file htaccess. Artikel kali ini menunjukkan kepada Anda cara merubah ukuran file unggah maksimum melalui fitur di cPanel.

Masuk terlebih dahulu ke cPanel Anda, di bagian Software, klik atau pilih Select PHP Version.

Merubah ukuran file unggah (upload) maksimum melalui cPanel

Di laman PHP Selector | extensions, klik tautan (link) Switch To PHP Options.

Merubah ukuran file unggah (upload) maksimum melalui cPanel

Di laman PHP Selector | options, di bagian bawah, rubah nilai post_max_size (1) dan nilai upload_max_filesize (2) sesuai dengan yang Anda inginkan dan kemudian klik tombol Save (3).

Merubah ukuran file unggah (upload) maksimum melalui cPanel